Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, December 4, 2015

Penyebab dan Solusi Cendet Macet Pasca Mabung

Ada banyak surat yang masuk ke redaksi, sebagian di antara mereka menanyakan mengapa cendet mereka yang sebelumnya gacor namun setelah selesai mabung menjadi jarang bunyi? Apakah itu normal atau sedang ada masalah dengan perawatan yang diberikan? Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu dijelaskan kembali bagaimana burung dalam kondisi mabung.

(gambar: tabloidburung.com)

Dalam artikel sebelumnya, Penyebab dan Cara Mengatasi Power Cendet Hilang Pasca Mabung, telah dijelaskan bagaimana kondisi cendet ketika mabung. Perlu dijelaskan kembali bahwa cendet dalam masa mabung sama halnya dalam kondisi sakit. Bukan hanya sakit secara fisik, seperti halnya terjadinya penurunan kicau dan perilakunya, cendet mabung juga sakit secara psikologis dan mental. Karenanya, ketika cendet hendak memasuki masa mabung dan apalagi ketika masa mabung itu berlangsung, cendet akan mengalami penurunan secara fisik dan psikis.

Menurunnya kondisi cendet saat mabung ini membuatnya sangat sensisitif. Karenanya, perawatan pada masa mabung ini sangat menentukan masa depan cendet. Perawatan yang salah seperti tetap melombakan atau menarungkan cendet adalah salah satu contoh perawatan yang tidak baik untuk cendet mabung. Perawatan ini tidak membuat cendet lebih pandai dalam bertarung karena ini bukan latihan mental yang tepat buat cendet. Perawatan seperti ini justru dapat merusak mental cendet sehingga ketika selesai mabung di kemudian hari, cendet kerap kali tidak bisa langsung gacor. Hal ini disebabkan karena mental cendet sedang mengalami tekanan, kecuali ia bisa menang saat bertarung.

Selain masalah di atas, kalau ada cendet pasca mabung tidak bisa langsung gacor itu adalah hal yang alamiah. Hal itu sama sekali bukan karena ada kesalahan dalam perawatan yang Anda berikan atau cendet Anda sedang dalam kodisi tidak normal. Perlu diketahui bahwa cendet pasca mabung adalah ibarat baru sembuh dari sakit. Dan untuk mengembalikan kondisi fisik dan psikisnya pada kondisi semula, termasuk kegacorannya, memerlukan waktu. Karenanya, adalah hal yang wajar jika cendet Anda pasca mabung tidak bisa langsung gacor seperti pada kondisi sebelum mabung.

Untuk membantu mempercepat pemulihan cendet ini, Anda sangat disarankan untuk memberikan perawatan yang baik. Mandikanlah dengan rutin sesuai kondisi cendet Anda. begitu juga, jemurlah cendet setiap hari secara bertahap alias jangan langsung dijemur seharian. Sebab, selain burung cendet yang habis mabung kondisi fisiknya masih lemah, penjemuran yang agak lama dapat merusak bulu cendet, karena bulu-bulu tersebut masih sangat muda.

Tidak lupa pula, berikan kroto secara bergantian dengan konsisten dua kali seminggu. Hal ini dapat membantu mendongkrak kondisi cendet. Selain itu, berikan multivitamin untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Namun ingat, Anda sama sekali tidak dianjurkan untuk menggunakan multivitamin yang mempunyai efek penggacor atau doping, sebab ini sangat tidak baik untuk cendet Anda.

Rawatlah cendet Anda dengan baik dan penuh kesabaran. Dengan begitu, meskipun tanpa penggacor, lambat laun cendet Anda akan bertambah kondisi. Namun begitu, semua ini sangat bergantung dengan perawatan yang Anda berikan.

Penyebab dan Solusi Cendet Macet Pasca Mabung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

Si Viana said...

saya hoby burung kicau dan saya sering menulis tentang burung kicauan..yang saya mau kordinasikan bahwa seluruh isi artikel di blog saya dan blog ini di kopas mentah..oleh kicaumania.xyz saya sudah mengadukan ke dmca namun gagal...sedangkan mungkin mas bisa mengadukan permasalahan seperti yang saya alami saya ucapkan terimakasih

Post a Comment