Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, December 7, 2015

Tips Membuat Cendet Bisa Berdiri Angka Satu

Ada banyak surat yang masuk ke redaksi tipsburung.com dan menanyakan bagaimana tips supaya Cendet peliharaannya bisa berdiri tegak seperti angka satu ketika bertarung atau paling tidak setidaknya ketika dikudang. Pertanyaan ini tentu sangat menarik untuk dibahas karena berkaitan dengan gaya burung Cendet sebagai ciri khasnya. 

Ketika cendet berdiri tegak, burung akan terlihat lebih istimewa karena menampakkan sisi eksotisnya. Bukan hanya karena posisi badannya saja yang terlihat berdiri seperti angka satu namun posisi kepala yang juga ikut menghadap ke atas, apalagi diikuti dengan paruhnya yang terbuka lebar saat berkicau, tentu saja hal ini memberikan nilai lebih pada cendet tersebut.

Cendet berdiri tegak adalah biasa karena itu memang karakter gaya dari burung Cendet. Gaya seperti ini akan muncul ketika burung Cendet bertarung melawan musuh-musuhnya atau ketika ada orang asing yang baru dilihatnya. Gaya berdiri tegak angka satu seperti ini merupakan ekspresi seekor Cendet yang ditunjukkan sebagai bentuk perlawanan untuk mempertahankan daerah teritorialnya.

Meski berdiri tegak angka satu ini adalah gaya dan ciri khas Cendet, namun tidak semua Cendet  bisa memperagakan gaya seperti ini. Beberapa Cendet kadang kala tidak mampu berdiri dengan baik sehingga cenderung doyong ke arah depan. Bagi sebagian orang, gaya seperti ini tentu saja kurang memberikan kepuasan, karena kurang menunjukkan gaya Cendet yang sejati. Namun sepanjang Cendet tersebut bisa berkeja dan main dengan baik saat di lapangan, tentu saja hal ini bukanlah masalah yang berarti.

Tidakbisanya Cendet berdiri tegak disebabkan oleh dua faktor, masalah genetik dan setelan atau menu. Jika ada seekor Cendet lahir dari indukan yang memang mempunyai karakter tidak bisa berdiri tegak, kemungkinan karakter anak-anaknya mewarisi indukan tersebut. Karenanya, tidaklah mengherankan jika Cendet Anda yang lahir dari indukan ini tidak bisa berdiri tegak sebagaimana yang Anda harapkan. Dan ini pun tidak bisa diatasi dengan cara apapun sebab masalah genetik atau faktor bawaan seperti ini memang tidak bisa diubah.

Adapun untuk masalah stelan atau menu, Cendet bisa saja tidak bisa berdiri tegak karena mungkin stelannya terlalu rendah sehingga Cendet tidak bisa ngotot. Karenanya, untuk membuat Cendet Anda bisa berdiri tegak, buatlah dia ngotot dengan cara menambah porsi EF hingga ukuran ideal. Dan untuk mengetahui ideal dan tidaknya poris EF yang Anda berikan, Anda bisa melihat tingkat kegacoran dan perilakunya. Porsi EF yang kurang, biasanya burung cenderung berbunyi semaunya sendiri dan bahkan tidak ngotot sama sekali.

Adapun untuk porsi EF yang terlalu banyak, burung biasanya akan polah dan salto. Dalam beberapa kasus yang lebih ekstrem, Cendet akan mencabuti bulu-bulunya dan bahkan kadang bisa sampai ciak ekor. Sedangkan jika porsi EF sudah pas, burung Cendet akan ngoceh dengan baik hingga nyaris tanpa spasi dan ngotot sehingga bisa berdiri seperti angka satu.

Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa burung Cendet bisa dibuat menjadi berdiri tegak seperti angka satu ialah dengan cara memberikan stelan EF yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Cendet. Namun demikian, pastikan burung Cendet Anda sudah cukup umur alias bukan trotol, paling tidak sudah lepas trotol. Jika burung masih belia, jangkankan berdiri tegak, membawakan materi dengan baik pun tentu saja belum bisa.


Tips Membuat Cendet Bisa Berdiri Angka Satu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment