Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, January 5, 2016

3 Cara Paling Efektif Mengatasi Burung Kegemukan

Kegemukan pada burung bisa terjadi karena banyak faktor, beberapa di antaranya karena baru selesai mabung, kurang jemur, terlalu banyak makan jangkrik atau ulat hongkong, dan telur. Kegemukan bisa terjadi pada semua burung seperti kacer, murai batu, cendet, cucak ijo, kenari, love bird, dan sebagainya.

Efek kegemukan pada burung dapat membuat burung menjadi kurang rajin berbunyi, lesu, dan bahkan kurang enak dipandang. Burung dengan berat badan berlebih juga kurang licah dan kadang kala menjadi galak. Karenanya, kegemukan pada burung harus diatasi dengan segera. Adapun caranya, setiap burung tidak selalu sama karena setiap spesies burung mempunyai karakter dan kebiasaan yang berbeda yang memungkinkan penangan kegemukannya pun berbeda. Untuk itu, berikut ini adalah 3 cara efektif yang harus Anda lakukan untuk mengatasi burung yang kegemukan.

— Jemur lebih lama
Cara pertama yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan burung adalah dengan cara menjemurnya secara rutin. Penjemuran dilakukan dengan durasi lebih lama daripada biasamya. Jika pada hari-hari biasa Anda hanya menjemurnya satu atau dua jam setiap hari, kali ini Anda harus menjemurnya dengan durasi yang lebih lama. Anda bisa menjemur burung dari jam 7 atau 8 pagi hingga jam 11 siang. Bahkan jika kesehatan burung sangat prima, Anda bisa menjemurnya di bawah terik matahari siang. Namun jika Anda khawatir dengan efek sinar ultrafiolet, sebaiknya penjemuran tidak dilakukan di siang hari.

Saat dijemur, voer dan air minum harus diangkat namun ketika burung dalam kondisi mangap yang berat, Anda bisa memasukkan air minum kembali ke dalam kandang. Namun, setelah burung selesai minum, Anda bisa mengangkatnya kembali. Sebab, air yang terpapar sinar matahari, sudah tidak baik dikonsumsi burung karena sudah terkontaminasi.

Selain menggunakan teknik jemur biasa sebagaimana di atas, Anda juga bisa menjemur burung dalam kondisi kerodong atau yang disebut dengan istilah mandi sauna. Namun untuk burung-burung yang kurang tahan panas seperti kacer dan murai, sebaiknya penjemuran dengan teknik ini tidak dilakukan. Jika terpaksa, Anda harus memantaunya di mana jika burung sudah mangap sebaiknya langsung diangkat dari tempat penjemuran. Untuk burung tahanp panas seperti cendet, Anda bisa memulai dan mengajarinya secara bertahap. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menjemur cendet sampai benar-benar mangap.

Kedua teknik penjemuran di atas sangat manjur untuk menurunkan berat badan burung. Hal ini bisa Anda lihat dari tampilan fisik burung yang semakin hari semakin singset. Namun begitu, penjemuran dengan kerodong, sepertinya hanya cocok dilakukan untuk cendet karena burung ini memang sangat tahan panas. Karenanya, tipsburung.com hanya merekomendasikan mandi sauna ini hanya untuk burung cendet.

— Umbar setiap hari
Jika burung seperti kacer, murai, cucak hijau, kenari, atau love bird kegemukan, Anda bisa mengumbar burung-burung tersebut dalam kandang umbaran. Kandang umbaran yang direkomendasikan paling tidak mempunyai panjang 3—4 meter. Namun untuk kenari dan love bird, sebaiknya ukuran panjangnya tidak lebih dari 3 meter. Burung yang terbang dalam kejauhan seperti itu, sangat membantu membakar lemak dan kalori dalam tubuh burung sehingga tubuh burung kembali singset dan rapi. Karenanya, jika burung Anda mengalami kegemukan, segera umbar setiap hari sampai berat badan burung kembali ke ukuran ideal. Untuk cendet, pengumbaran tidak disarankan karena kadang kala cendet mengalami stres. Namun beberapa cendet mania ada yang mengumbarnya dengan tujuan-tujuan tertentu.

— Hentikan pemberian telur, ganti dengan sayur
Untuk kenari, selain diumbar, pemberian telur harus dihentikan. Sebab, telur yang diberikan terlalu sering atau bahkan dengan takaran yang banyak, sangat berisiko menyebabkan kenari mengalami kegemukan. Karenanya, jika kenari Anda mengalami kegemukan, hentikan pemberian terlur dan gantilah dengan sayur seperti sawi putih atau hijau. Anda bisa memvariasikan dengan gambas, daun mengkudu, dan lain sebagainya.

3 Cara Paling Efektif Mengatasi Burung Kegemukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment