Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, January 14, 2016

Air Jahe Sembuhkan Serak pada Burung Berkicau


Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman rempah yang telah lama diketahui mengandung obat. Rimpang tanaman jahe ini berbentuk jemari dengan rasa dominan pedas. Hal ini disebabkan karena rimpang tanaman ini mengandung senyawa keton bernama Zingeron atau Zingiberena. Selain Zingeron, jahe juga mengandung zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandreana, dan resin pahit.Senyawa-senyawa ini adalah kandungan jahe yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia sehingga karenanya sangat populer sebagai tanaman obat.

Rimpang tanaman ini selain bisa diseduh sebagai minuman segar, juga sangat menyehatkan. Bagi manusia, seduhan air jahe sangat manjur dalam meringankan radang tenggorokan dan melegakan tenggorokan saat batuk. Seduhan rimpang tanaman jahe ini juga bisa menjadi alternatif untuk menjernihkan suara, yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang gemar dalam tarik suara.

Jahe tidak hanya bisa dikonsumsi oleh manusia namun juga burung berkicau. Karenanya, manfaat jahe ini tidak hanya bisa dirasakan oleh manusia namun bisa juga oleh burung. Pemberian jahe pada burung sangat aman dan juga sangat baik karena dapat menjernihkan suara. Namun tentu saja pemberian pada burung harus dengan cara yang sedikit berbeda dengan pemberian pada manusia.

Pemberian seduhan air jahe pada manusia bisa dikonsumsi setiap hari dengan takaran tidak lebih dari dua gelas setiap hari. Namun pada burung berkicau, pemberian seduhan air jahe sebaiknya diberikan hanya dua kali selama dua minggu dengan aturan pemakaian diberikan tiga hari secara berturut-turut.

Air jahe selain dapat menyehatkan, juga bisa menjernihkan suara burung. Karenanya, jika Anda merasa suara burung Anda terdengar kurang bersih, Anda boleh mecoba ramuan ini. Bahkan jika Anda mempunyai burung serak, juga bisa diberikan air seduhan jehe ini. Pemberian boleh dilakukan selama burung serak dan boleh dihentikan setelah serak pada burung selesai. Namun jika dalam seminggu serak burung belum sembuh, sebaiknya berikan jeda selama satu hari. Saat jeda ini, berikan air larutan cap kaki tiga.

Sehari setelahnya, Anda bisa mencoba memberikan seduhan air jahe ini yang terus diselang-seling dengan air larutan setiap hari. Pemberian kedua air ini boleh terus diberikan dan baru bisa dihentikan setelah serak pada burung sembuh total.

Air Jahe Sembuhkan Serak pada Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment