Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, January 17, 2016

Atasi Burung Botak dengan Bawang Putih

kicaumania.or.id
Tanpa sebab yang jelas, bulu burung kadang kala mengalami kebotakan yang terjadi tanpa Anda sadari. Awalnya burung mungkin hanya nyulam alias rontok satu persatu atau bahkan mungkin ganti bulu dewasa. Kemungkinan lainnya, mungkin bulu rontok akibat terlalu birahi atau bahkan Anda senidi yang mencabutnya akibat rusak sebagaimana biasa terjadi pada bulu ekor. Namun seiring berjalannya waktu, bulu yang rontok ini tidak kunjung tumbuh kembali sehingga menjadi botak.

Burung botak seperti ini bisa terjadi pada semua burung seperti Murai Batu, Kacer, Cucak Hijau, Tledakan, Kenari, Love Bird, dan berbagai burung kicauan lainnya. Namun kebotakan lebih sering menyerang Kacer, Murai Batu utamanya jenis BT, kenari, dan Love Bird. Kebotakan ini menyebabkan burung menjadi tidak enak dipandang. Pun jika burung Anda ini adalah burung kontes, otomatis Anda harus menunda menurunkannya ke lapangan. Sebab, burung botak adalah burung cacat yang secara tertulis burung tidak boleh diikutkan kontes.

Untuk mengatasi burung botak ini, Anda bisa mencoba melakukan terapi dengan memberikan bawang putih. Caranya adalah dengan menggosokkan bagian dalam bawang putih yang sudah dibelah menjadi dua pada bagian tubuh burung yang botoka. Jika misalnya yang botak bagian dada, Anda bisa menggosokkan belahan bawang putih tersebut pada dada burung.

Terapi ini sebaiknya dilakukan setelah burung selesai mandi dan dilakukan selama 3 hari secara berturut-turut. Dan pastikan, saat Anda menggosokkan bawang putih ini, burung dipegang dengan kuat namun tidak sampai terlalu ketat. Sebab, hal ini bisa menyebabkan burung bisa kehabisan napas dan akhirnya sesak napas dan mati.

Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa selain menjadi bumbu utama masakan, bawang putih juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan bulu baru pada burung yang mengalami kebotakan. Hal ini disebabkan karena bawang putih mengandung zat yang bisa merangsang pertumbuhan bulu pada burung.

Bawang putih juga dapat merangsang dan menumbuhkan bulu ekor yang tidak junjung tumbuh akibat dicabut atau karena penyebab lain. Adapun caranya sedikit berbeda dengan cara di atas. Dalam hal ini, pangkal ekor burung sebaiknya direndam terlebih dahulu sebelum dilakukan terapi ini lalu sikat dengan sikat halus sampai pori-pori pangkal ekor terbuk. Selanjutnya, perlahan digosok pangkal ekor tersebut dengan bawang putih. Lakukan hal ini setiap hari sampai terlihat bulu jarum yang sudah mulai tumbuh.

Atasi Burung Botak dengan Bawang Putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment