Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, January 8, 2016

Cara Mempersiapkan Cendet untuk Lomba

Untuk Anda yang sudah sering menurunkan cendet ke latberan maupun even-even lomba burung berkicau, mempersiapkan cendet bukanlah hal yang sulit. Hal ini selain karena Anda sudah berpengalaman, Anda juga sebagai pemain yang tentunya sudah mengenal betul seperti apa cendet jagoan Anda. Hal ini memungkinkan Anda tidak perlu pusing lagi dalam mempersiapkannya ketika hendak turun lomba karena And sudah hafal betul karakternya.

Untuk Anda yang masih baru dalam hoby cendet, tentu saja Anda akan merasa kebingungan. Anda tentu saja belum paham seperti apa dan bagaimana cara memperlakukan cendet yang baik sebelum diturunkan ke arena lomba. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, tipsburung.com akan memberikan gambaran seperti apa cara yang baik dalam mempersiapkan burung cendet ketika hendak diikutkan lomba, atau paling tidak untuk even latberan. 

— H-3 burung ful kerodong
Pertama-tama, persiapan cendet untuk lomba sebaiknya dimulai H-3. Pada saat itu, burung sudah harus dalam kondisi ful kerodong. Hal ini bertujuan agar burung dalam kondisi tenang dan tidak banyak mengeluarkan tenaga. Sebab, ketika cendet dibiarkan sebagaimana harian biasa, cendet akan cenderung bertempur secara terus-menerus jika mendengar suara burung sejenis. Pun misalnya tidak ada burung sejenis, tentu cendet akan tetap berbunyi sehingga menguras banyak tenaga. Maka dengan dikerodong, diharapkan cendet bisa menyimpan tenaga tersebut untuk digunakan saat turun lomba supaya mempunyai performa yang maksimal.

— No mandi, no jemur
Selama dikondisikan seperti ini, sebaiknya burung diistirahatkan total dengan tidak dimandikan dan dijemur. Tujuannya, selain supaya burung bisa tenang dan mengumpulkan tenaga, juga diharapkan supaya burung mempunyai level birahi yang maksimal. Sebab, jika burung dimandikan dan dijemur, secara otomatis level birahinya akan berubah. Karenanya, mengistirahatkan burung secara total sangat mungkin untuk Anda lakukan supaya level birahi burung tetap stabil.

— Naikkan porsi EF
Menaikkan porsi EF untuk cendet yang disiapkan untuk lomba juga sangat penting. Hal ini selain bertujuan supaya tenaga burung lebih besar, juga untuk mendongkrak level birahinya supaya lebih siap menghadapi lawan-lawannya. Sebab, saat burung digantang, burung harus “berperang” menghadapi banyak musuh yang harus dikalahkan. Dan adapun jenis EF yang biasanya diberikan adalah berupa jangkrik. Selain itu, Anda bisa menambahkan kroto atau ulat hongkong.

— Hari H burung dimandikan
Cendet yang hendak turun lomba dan sudah mengalami perubahan setingan seperti ini, sebaiknya dimandikan pada hari H. Hal ini bertujuan untuk membuat relaksasi dan meredam birahi dan emosi cendet yang berlebihan supaya tidak munting. Namun demikian, ada beberapa burung yang kadang kala tidak membutuhkan mandi. Karenanya, sesuaikan dengan kondisi burung Anda sebab ini juga sangat menentukan maksimal dan tidaknya penampilan burung Anda.

Mengenai kapan waktu mandi, juga harus disesuaikan dengan karakter burung Anda. Ada kalanya burung suka dimandikan malam hari (malam hari H) atau beberapa sesi sebelum digantang. Bahkan, jika gantangan Anda dekat, ada cendet yang meminta dimandikan sebelum Anda berangkat ke gantangan.

— Jemurlah meski sebentar
Jika cendet Anda mandi di siang hari, sebaiknya cendet dijemur untuk menghangatkan tubuhnya dengan durasi yang tidak terlalu lama. Namun ada beberapa cendet, sekalipun mandi di siang hari, tidak membutuhkan jemur. Sebab ada kalanya birahi burung malah meningkat lagi. Sedangkan jika cendet Anda mandi di malam hari, Anda cukup mengangin-anginkannya.

— Berikan EF sehabis mandi
Setelah cendet selesai mandi, sebaiknya diberikan EF berupa jangkrik. Adapun takarannya disesuaikan dengan setelan yang telah Anda berikan sejak –H3.

— Berikan EF sebelum digantang
Ada beberapa pemain yang memberikan jangkrik lagi di lapangan, sebelum cendet digantang. Hal ini bertujuan untuk menambah tenaga pada cendet supaya bisa bertarung dengan maksimal. Namun jika Anda khawatir cendet Anda akan munting, sebaiknya hal ini tidak dilakukan.




Cara Mempersiapkan Cendet untuk Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment