Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, January 4, 2016

Cara Mencari Setelan Ulang pada Cendet Pasca Mabung

Mabung pada burung berkicau, termasuk di dalamnya cendet, adalah sesuatu yang pasti dan normalnya hanya terjadi sekali dalam setahun. Pada saat mabung, setelan cendet baik dari segi EF maupun mandi dan jemur dihentikan karena cendet dalam kondisi “sakit”. Dan setingan sebelum mabung pun pada umumnya tidak bisa dipakai pada kondisi setelah mabung. Jika terpaksa, burung akan mengalami ketidakcocokan dengan setingan ini karena burung telah mengalami perubahan dan regenerasi baik dari segi fisik maupun psikis.

Perubahan ini tidak hanya menuntut perubahan pada menu EF namun juga pada seting mandi dan jemur. Namun biasanya, setingan sebelum dan sesudah mabung tidak banyak berbeda namun hal ini tetap perlu perhatian khsus dengan cara mencari setingan baru setelah burung selesai mabung. Sebab, hal ini bisa mengembalikan burung pada kondisi dan performa pada titik level yang semestinya.

Seting ulang ini tidak hanya penting untuk cendet lapangan namun juga untuk cendet rumahan. Cendet lomba yang tidak dilakukan seting ulang sehabis mabung, akan sangat lama gacornya. Hal ini juga berlaku dengan cendet rumahan, Anda akan lebih lama untuk mendengarkan suaranya. Namun setingan ulang untuk cendet lomba tentu saja lebih intensif lagi karena burung ini mempunyai tingkat sensitivitas yang lebih tinggi.

Burung rumahan ukurannya hanya dalam bentuk kegacorannya di rumah dan karenanya hanya setelah hanya menitikberatkan pada menu EF. Namun untuk cendet lomba, setelan ulang juga mencakup setelan lapangan sehingga setelan mencakup semuanya, mulai dari EF, mandi, dan jemur.

Lalu bagaimana cara melakukan setelan ulang pada cendet pasca mabung? Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara berikut.

— Cara mencari EF untuk harian
Untuk burung cendet harian, setelan ulang EF dapat dilakukan dengan cara memberikan jangkrik dengan jumlah agak banyak, misalnya 10—15 ekor. Tunggulah beberapa saat hingga jangkrik dibuat mainan atau cendet tidak dimakan lagi meskipun sisa jangkrik masih banyak. Kondisi ini menujukkan bahwa cendet terasebut telah kenyang dan makan puas. Setelah itu, amati dan hitung berapa jumlah jangkrik yang telah habis dimakan. Jika misalnya 5 atau 7 ekor, maka itulah setelan harian EF yang paling baik untuk diberikan untuk setelan hariannya.

Cara di atas tidak hanya untuk burung rumahan namun juga untuk cendet lapangan. Karenanya, untuk burung lapangan atau lomba, melakukan seting ulang seperti ini tentu saja juga sangat penting sebab setelan harian mempunyai pengaruh besar terhadap setingan lapangan.

— Cara mencari setelan EF untuk lapangan
Menjelang lomba, setingan EF biasanya dinaikkan dari setelan harian. Jika biasanya setelan harian 7 ekor jangkrik pagi dan sore, maka menjelang lomba EF bisa dinaikkan menjadi 10 atau lebih untuk pagi dan sore.Hal ini bertujuan untuk mendongkrak performa cendet saat digantang di lapangan. Untuk lebih membuatnya ngotot, setingan bisa ditambahkan EF lain seperti kroto dan ulat. Namun sebelum Anda memberikan setingan seperti ini, Anda perlu mengingat-ingat setingan lomba sebelum mabung karena biasanya tidak begitu jauh berbeda.

Untuk mengetahui pas dan tidaknya setelan yang Anda berikan, Anda perlu mencobanya ke latberan. Setingan yang kurang pas, misalnya terlalu rendah, cendet biasanya akan banyak ngetem (berhenti di sela-sela lagu) atau telat star. Untuk cendet yang terlalu kencang, biasanya ditandai dengan kondisi cendet yang pecicilan alias munting-munting.

Untuk menemukan setingan yang pas, Anda perlu mencobanya kembali ke latberan dengan setingan yang sedikit berbeda dari setingan yang baru saja Anda berikan. Jika setingan terlalu rendah, naikkan pemberian jumlah jangkrik atau tambahkan kroto atau ulat hongkong. Jika terlalu kencang, jumlah EF bisa Anda kurangi atau jika Anda menggunakan kroto, porsinya dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Sebab ada kalanya cendet memang tidak kuat dengan efek kroto saat di gantangan karena terlalu panas sehingga munting. Jika misalnya masih munting, Anda bisa memandikannya terlebih dahulu, setidaknya dua sesi sebelum digantang.

— Cara mencari setelan mandi
Setelan mandi sangat identik dengan setingan harian. Namun begitu, untuk burung lomba, sebagaimana disinggung di atas, setelan harian sangat menentukan setingan lapangan. Adapun cara mencari setingan mandi pada cendet pasca mabung ini dapat dilakukan dengan cara, pertama-tama Anda harus mengamati kondisi burung. Jika cendet Anda dalam kondisi birahi yang stabil, mandi bisa dilakukan dua hari sekali. Jika cendet dalam agak birahi, mandi bisa dilakukan setiap hari sebab mandi lebih rutin dapat menyetabilkan birahi. Sedangkan untuk cendet dengan kondisi birahi rendah, mandi bisa dilakukan dengan setingan 3 atau 4 hari sekali.

Untuk mengetahui cocok dan tidaknya setingan mandi yang Anda berikan, amati kondisi cendet. Burung yang cocok dengan setelan mandi yang Anda berikan, biasanya burung akan menjadi lebih gacor karena kondisi birahi berada pada titik stabil. Untuk itu, setelan ini dapat Anda lakukan untuk harian. Namun jika cendet malah menjadi drop, kemungkinan mandi yang Anda berikan terlalu sering. Karenanya, mandi perlu dikurangi sebab kondisi birahi yang berada di bawah normal dapat membuat cendet membisu. Tetapi sebaliknya, jika kondisi birahi cendet tetap agak tinggi, kemungkinan besar setelan mandi perlu ditambah.

— Cara mencari setelan jemur
Setelan jemur ukurannya hanya pada level kegacoran. Jika cendet Anda belum mau gacor, jemur boleh ditingkatkan. Namun untuk cendet yang sudah gacor, penjemuran bisa dilakukan dengan durasi maksimal hanya dua jam. Namun untuk awal-awal selesai mabung, penjemuran harus dilakukan secara bertahap. Hal ini mengingat kondisi burung yang masih labil dan bulu yang juga masih baru. Dan seiring dengan bertambahnya hari, penjemuran baru bisa diseting dengan cara sebagaimana di atas.

Demikian cara mencari setingan ulang untuk cendet pasca mabung. Cara seperti di atas hanya sebagai ilustrasi bagaimana cara mencari setingan yang baik. Untuk praktiknya, Andalah yang lebih tahu seperti apa yang lebih bagus. Sebab, metode seperti apapun tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi burung. Otak atiklah terus setelan burung Anda sampai menemukan titik yang paling pas.



Cara Mencari Setelan Ulang pada Cendet Pasca Mabung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment