Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, January 15, 2016

Cara Mengondisikan Burung Setelah Perjalanan Jauh

Anda sebagai penghoby burung berkicau, barang kali pernah melakukan transaksi jual beli burung secara online dengan teman-teman atau bakul-bakul di luar kota. Burung tersebut biasanya dikirim lewat ekpidisi, baik berupa jalur darat maupun udara. Atau mungkin Anda sendiri yang malah hunting langsung ke daerah-daerah tertentu sementara burung hasil huntingan dibawa pulang langsung.

Burung yang baru sampai di rumah atau di tangan Anda, memerlukan perawatan khusus yang sama sekali berbeda dengan rawatan harian pada burung-burung lainnya. Burung tersebut biasanya akan mengalami stres dengan level yang berbeda-beda setiap burung. Burung juga mengalami letih dan lesu akibat perjalanan jauh karena tidak makan, minum, dan kurang gerak. Burung juga baru menempati lingkungan baru sehingga perlu waktu juga untuk beradaptasi. Karenanya, memberikan perawatan khsus saat burung yang baru sampai di rumah adalah hal mutlak yang harus Anda lakukan.

Jika Anda memberikan perawatan yang kurang tepat pada burung baru Anda ini, burung biasanya memerlukan waktu untuk berbunyi. Burung tidak akan langsung bisa bernyanyi sebagaimana Anda harapkan. Namun dengan perawatan yang tepat, proses adapatasi dan pemulihan tenaga ini akan terjadi lebih cepat. Hal ini pada gilirannya akan membuat burung bisa langsung berbunyi. Tetapi begitu, semua ini tentu saja sangat dipengaruhi oleh mental burung itu sendiri. Jika burung tersebut mempunyai mental yang bagus, Anda tidak memerlukan waktu lama untuk mendengar bunyinya. Sedangkan jika mental burung tersebut tidak begitu bagus, mungkin Anda memerlukan sedikit waktu untuk mendengar bunyinya.

— Masukkan kandang
Setelah burung sampai ke rumah atau tangan Anda, sebaiknya burung langsung dimasukkan ke dalam kandang yang sudah Anda persiapakan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir efek stres yang mungkin dialami oleh burung. Pilihlah sangkar yang agak besar dari ukuran burung sebab hal ini memungkinkan burung bisa bergerak lebih bebas sehingga tenaga burung bisa lebih cepat pulih.

Setelah burung dimasukkan, segera berikan pakan berupa jangkrik dan voer. Jangan lupa juga untuk memberikan air minum. Sebab, tentu saja selain lapar, burung sehabis perjalanan jauh juga merasa sangat haus. Karenanya, sebelum Anda memasukkan burung, pastikan Anda sudah menyiapkan pakan dan minum burung. Atau jika perlu, sebelum burung dimasukkan, Anda sudah memasukkan pakan dan minum tersebut terlebih dahulu ke dalam sangkar.

— Mandikan
Setelah napas burung menjadi normal dan terlihat sehat (biasanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit), segera mandikan. Mandi di sini berfungsi untuk menyegarkan dan merefreskan kondisi burung. Dengan mandi, burung akan menjadi lebih sehat dan tenang karena semua penat dan letih sudah hilang.

Pastikan, saat dimandikan bulu burung sampai lepek. Tidak perlu didis, yang penting burung mandi, sudah cukup untuk membuatnya lebih tanang dan segar. Jika sampai didis, berarti itu nilai plus yang Anda dapatkan. Pastikan pula Anda tidak terlalu berlebihan dalam memandikan burung. Sebab jika burung sampai menggigil, mandi pada burung bukan menghilangkan stres dan menyegarkan badan, namun malah sebaliknya. Burung bisa menjadi trauma sehingga sulit beradaptasi.

— Berikan kroto secukupnya
Memberikan kroto setelah burung mandi adalah hal mutlak terhadap burung pemakan serangga. Sebab, selain bernutrisi tinggi yang bisa membantu menyegarkan badan, kroto juga termasuk makanan paling enak buat burung. Karenanya, siapkan kroto sehari sebelum burung sampai ke tangan Anda. Pastikan pula, Anda memilih kroto yang bagus dan masih segar serta bersih. Kroto yang basi selain dapat menurunkan kesehatan burung, juga berisiko menyebabkan serak. Selain itu, kroto yang tidak bersih juga bisa berpotensi menyebabkan burung serak dan gangguan pencernaan.

— Angin-anginkan di tempat teduh
Setelah burung mandi dan dikasih kroto, burung tidak perlu dijemur. Atau jika terpaksa, jemur sebentar saja. Setelah itu, taruh burung di tempat yang tenang dan teduh, misalnya di depan rumah atau di bawah pohon yang rindang. Ini akan memberikan sensasi tersendiri pada burung sehingga akan lebih cepat berbunyi.

— Full kerodong sampai sore
Setelah bulu burung kering, segera kerodong dan masukkan ke dalam rumah. Burung baru dikeluarkian dan dibuka saat sore hari, di mana Anda perlu memberikan pakan berupa jangkrik. Saat menaruh burung, tempatkan di ruangan yang tenang. Kalau perlu, setelkan atau perdengarkan suara gemerecik air supaya burung lebih refresh dan cepat berbunyi.


Cara Mengondisikan Burung Setelah Perjalanan Jauh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment