Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, January 15, 2016

Mengenal Ciri dan Solusi Mengatasi Kacer Mbagong Akibat Kurang Fit


Bukan hanya over birahi (OB) saja yang bisa membuat kacer mengalami mbagong saat ditrek, burung yang tidak fit pun berpotensi mbagong. Karenanya, ketika kacer Anda tiba-tiba mbagong padahal sebelumnya tidak, Anda tidak perlu mencurigai masalah OB semata. Kenalilah apa saja yang kira-kira berpotensi menyebabkan mbagong tersebut. Karena Anda sebagai sang empunya yang setiap harinya sangat akrab dengan kacer Anda, otomatis Anda lebih paham dalam mengetahui penyebab tersebut.

Pada kasus burung lain, kalau ditrek, burung tetap mau bertarung melawan musuh-musuhnya sekalipun tidak fit. Hanya saja kerja atau durasinya tidak maksimal karena burung akan banyak ngetem. Namun untuk kacer, ia tidak akan pernah mau merespon musuh-musuhnya, dan bahkan akan full mbagong.

Itulah ciri dari kacer yang mbagong karena kurang fit. Burung sama sekali tidak akan buka ekor apalagi membalas kicauan kacer lain yang ada di sekitarnya. Sekali dicantol ke gantangan, kacer yang tidak fit akan langsung mbagong dari awal hingga akhir.

Adapun solusi untuk menangani burung kacer yang mbagong karena kurang fit ini, setidaknya Anda perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut.

— Umbar sesering mungkin
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membutanya fit kembali. Salah satu cara paling efektif adalah mengumbarnya sesering mungkin. Anda bisa mengumbar kacer setiap hari selama burung tersebut belum kembali fit.

Fungsi pengumbaran di sini adalah untuk melatih burung untuk terbang sekuat atau sesering mungkin sebagaimana di alam bebas. Hal ini bertujuan untuk memulihkan tenaga kacer yang hilang akibat kurang gerak selama dalam sangkar harian.

Burung yang diumbar sama halnya dengan olahraga bagi manusia. Burung yang diumbar melatih ketahanan fisik untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran sehingga kondisi kesehatan burung tetap terjaga. Karenanya, pengumbaran di sini sangat penting bagi kacer, utamanya untuk kacer yang kurang fit.

— Ef dan jemur normal
Selama masa ini, Anda tidak perlu melakukan perubahan terhadap setelan harian, baik terkait menu EF maupun penjemuran. Semua ini dilakukan seperti hari biasa, hanya saja Anda perlu memperhatikan betul terhadap kualitas pakan yang hendak diberikan pada kacer, baik berupa EF maupun voer. Jangan berikan vor yang sudah lama dan terkontaminasi dan karenanya gantilah setiap hari.

Untuk jangkrik, Anda harus membuang kaki depan dan belakang sampai bersih sebelum diberikan pada kacer. Bahkan jika perlu, kepala jangkrik juga harus dibuang sehingga Anda hanya memberikan bagian badannya saja. Sedangkan untuk kroto, sebaiknya Anda memilih kroto yang benar-benar segar. Jangan pernah memberikan kroto basi atau dalam kondisi dingin akibat disimpan dalam lemari es. Selain itu, buanglah semut rangrang yang biasanya bercampur dengan kroto. Bersihkan kroto sampai benar-benar bersih.

— Tambahkan multivitamin
Untuk menunjang dan mempercepat kondisi kacer agar lebih cepat fit, Anda bisa memberikan multifitamin yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Jika Anda tidak mau menggunakan produk tersebut karena khawatir akan kandungan bahan kimianya, Anda bisa membuat ramuan sendiri yang terbuat dari bahan-bahan alami. Caranya adalah Anda cukup memberikan kunyit dan jahe pada jangkrik sebagai makanannya sebelum jangkrik tersebut diberikan pada kacer.

Sebagaimana kita kehatahui, kedua jenis rimpang dari rempah-rempahan ini adalah tanaman obat yang telah lama dikenal oleh masyarakat kita sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan. Bahkan untuk jahe, jika dikonsumsi bisa menghangatkan badan sehingga tubuh serasa lebih sehat.

Nah, jika jangkrik yang sudah mengandung kunyit dan jahe ini dimakan oleh kacer, otomatis kacer tersebut telah mengonsumsi kedua obat ini. Jika ini Anda lakukan setiap hari, sama saja Anda telah memberikan multifitamin pada kacer Anda. sebab, kedua rimpang ini mengandung banyak vitamin dan senyawa kimia lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh burung.



Mengenal Ciri dan Solusi Mengatasi Kacer Mbagong Akibat Kurang Fit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment