Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, January 21, 2016

Mengenal Ciri Kacer Siap Lomba

Sebagaimana burung pada umumnya, sebelum diturunkan ke arena lomba, burung kacer juga harus disiapkan terlebih dahulu. Masa persiapan ini, setidaknya adalah 2—3 hari sebelum hari H. Hal ini bertujuan supaya kacer bisa tampil lebih maksimal dan mendapatkan bendera tertinggi dalam setiap even.

Sebelum disiapkan, tentu saja kacer tersebut sudah dalam kondisi siap terlebih dahulu, baik secara fisik maupun mental. Kedua faktor ini sangat menentukan baik dan tidaknya penampilan kacer di gantangan. Karenanya, sebelum fisik dan mental burung siap, sebaiknya urungkan niat Anda untuk menggantang kacer. Sebab selain burung tidak akan bekerja dengan baik, juga bisa berefek negatif pada mental burung dalam jangka panjang.

Untuk mengetahui siap dan tidaknya fisik dan mental kacer tidaklah sulit. Sebab, kondisi ini biasanya ditunjukkan oleh beberapa kondisi yang sangat kasat mata. Namun bagi Anda yang belum paham tentang masalah ini, tentu saja akan kesulitan memahaminya. Karenanya, di bawah ini akan dijelaskan beberapa kondisi dari kacer yang siap gantang.

Ciri siap secara fisik
Kondisi kacer yang siap lomba atau naik gantangan secara fisik dapat ditunjukkan oleh beberapa kondisi sebagai berikut.

— Sorot mata tajam
Burung kacer yang sudah matang dan siap bertarung secara fisik biasanya ditunjukkan dengan kondisi tatapan mata yang tajam. Kondisi ini sangat kentara sehingga bisa dengan mudah Anda kenali. Dan jika diamati dengan saksama, kondisi sorot mata ini tampak berbeda dengan hari-hari biasanya sehingga menimbulkan perasaan dan sensasi yang berbeda bagi sang empunya atau perawat.

— Bahu terlihat lebih kekar
Kacer yang siap untuk lomba juga ditandai dengan kondisi bahu yang terlihat lebih kekar. Hal ini disebabkan karena kacer dalam kondisi ini memekarkan sayap bagian depan sehingga bahu kacer terlihat lebih kekar dan kuat.

— Sayap menyilang
Meski sayap bagian depan kacer dalam kondisi mekar, namun sayap bagian belakang (ujung sayap) dalam posisi menyilang. Kondisi ini memungkinkan kacer menjadi lebih menawan karena kondisi fisiknya yang lebih bagus dari biasanya. Jika ini terjadi, maka itu berarti kacer Anda sudap siap untuk digantang.

Ciri siap secara mental
Selain ciri fisik, kesiapan mental pada kacer juga harus diketahui untuk memastikan kacer Anda sudah benar-benar siap gantang atau tidak. Beberapa ciri kacer siap secara mental ditunjukkan dengan beberapa perilaku sebagai berikut.

— Bersiul sambil cari musuh
Kacer yang siap lapangan secara mental biasanya ditunjukkan dengan perilaku burung yang selalu bersiul sambil matanya jelalatan mencari musuh. Selain siulan ini, kacer siap kadang bernada bersiul dengan nada lirih seperti halnya kacer sedang ngeriwik.

— Sering buka ekor
Dalam kondisi normal, kacer siap gantang biasanya akan selalu buka ekor. Sambil berbunyi, kacer akan memain-mainkan ekornya (ngobra) yang kadang kala dibarengi dengan suara isian. Namun kebanyakan, suara yang keluar hanya suara asli atau ngepolong saja.

— Diam
Dalam beberapa kasus, kacer siap secara mental kadang kala malah diam dan tidak banyak berbunyi di rumah. Namun jika bertemu musuh, kacer biasanya akan langsung memainkan ekornya dan ngobra dengan ciri khasnya. Hal ini tentu saja berbeda dengan burung-burung lainnya di mana jika siap biasanya tambah gacor.

— Nyepah kecil
Seperti halnya cendet, kacer siap kadang kala nyepah. Namun sepahan yang dikeluarkannya biasanya berukuran kecil.

Itulah beberapa ciri dari kacer yang siap untuk lomba. Jika tanda-tanda tersebut terdapat pada kacer Anda, segera kondisikan untuk dipersiapkan lomba. Jika belum, bersabarlah sedikit dan tunggulah beberapa saat sampai kacer Anda siap, baik secara fisik maupun mental.



Mengenal Ciri Kacer Siap Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment