Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, January 24, 2016

Mengenal Ciri Murai Batu Siap Lomba


Murai Batu adalah burung fighter sejati yang mempunyai suara indah dan merdu. Selain itu, burung ini juga mempunyai bentuk tubuh dan warna yang eksotis, apalagi dengan bentuk ekor yang panjang. Karenanya, sampai saat ini, burung Murai Batu masih menjadi primadona dan menempati kelas utama dalam setiap kontes dan even burung berkicau di Indonesia.

Untuk mendapatkan performa yang baik dalam setiap lomba, burung Murai Batu harus dipersiapkan terlebih dulu sebelum diturunkan ke arena lomba. Paling tidak, tiga hari sebelum hari H, burung sudah harus diseting lapangan sesuai dengan setelan yang sejauh ini diterapkan dan cocok untuk burung Anda. Namun sebelum Anda melakukan ini, ada baiknya Anda harus mengetahui kondisi Murai Batu tersebut, apakah kondisi atau sudah siap lomba atu belum. Jika Murai Batu sudah kondisi, bolehlah Anda menyetingnya dan menurunkannya ke lapangan. Jika tidak, sebaiknya urungkan niat Anda sebab kemungkinan besar Murai Batu Anda tidak akan mendapatkan poin.

Sebagaimana burung-burung lainnya, Murai Batu yang siap lomba menunjukkan beberapa ciri yang harus Anda pahami. Sebab, siap dan tidaknya kondisi Murai Batu Anda ini sangat menentukan baik dan tidaknya penampilannya di lapangan. Karenanya, mengetahui kondisi ini sangat penting bagi Anda sebelum berencana untuk menurunkannya ke lapangan.

Murai Batu siap lomba (atau paling tidak latber dan latpres), mempunyai beberapa ciri sebagaimana berikut.

— Mata tajam
Pertama-tama, untuk mengetahui siap dan tidaknya Murai Batu, harus diperhatikan kondisi matanya. Murai Batu sehat dan siap lomba bukan hanya bening namun tampak lebih sangar dan tajam. Hal ini tidak hanya ditunjukkan ketika burung Murai bertemu atau menghadapi lawan namun dalam kondisi sendiri dan santai pun, tatapannya akan tanpak tajam. Karenanya, pandai-pandailah memperhatikan kondisi mata burung Anda jika Murai Anda adalah burung kontes.

— Kelihatan lebih kekar
Murai Batu yang siap lomba, juga ditandai dengan kondisi tubuh yang lebih kekar. Namun ini bukan berarti tubuh burung menjadi lebih gemuk berisi namun kekar dan singset.

— Bulu lebih rapi
Burung sehat ditandai dengan bulu yang indah dan rapi. Namun burung Murai Batu yang siap lomba, bulu-bulunya akan lebih rapi dan rapet sehingga tampak lebih langsing.

— Kelihatan lebih garang
Murai Batu siap lomba, juga ditandai dengan kondisinya yang lebih garang. Hal ini bisa terlihat dari perilakunya yang sering berbunyi dan mencari-cari musuh. Bahkan, jika didekati, burung akan langsung ngeplay sambil berbunyi, seakan mengajak Anda untuk bertarung.

— Ekor menyatu
Murai Batu yang siap lomba, juga ditandai dengan kondisi ekor yang rapi dan menyatu. Bahkan ketika ngeplay, gerakan atau pecutan ekor ketika burung sedang berbunyi akan lebih cepat dari biasanya.

— Nyepah kecil
Mirip dengan Cendet, Murai Batu yang siap lomba juga akan mengalami nyepah. Ukuran sepah ini biasanya berbentuk kecil. Karenanya, jika Murai Batu Anda mengeluarkan sepah, jangan heran. Ini bukan sebuah kelainan melainkan sebagai pertanda bahwa Murai Anda sedang kondisi dan minta untuk turun lomba.


Mengenal Ciri Murai Batu Siap Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment