Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, January 25, 2016

Mengerek Pleci Bakalan Setiap Hari Membuat Cepat Ngalas dan Buka Paruh

omkicau.com
Pleci adalah burung semi fighter yang mempunyai kecerdasan luar biasa. Namun begitu, proses untuk membuat burung ini supaya ngalas dan buka paruh, membutuhkan waktu yang cukup lama. Biasanya, Pleci bakalan yang baru dibeli dari kandang ombyokan atau bahan rawatan hanya bisa ngriwik halus dan sangat sulit untuk membuatnya ngeriwik kasar. Apalagi untuk ngalas dan buka paruh, dibutuhkan waktu yang lebih panjang lagi karena Pleci sangat membutuhkan proses karena mempunyai beberapa tahapan untuk sampai ke level tersebut.

Karena proses yang panjang dan sulit seperti di atas, banyak Pleman (sebutan untuk pecinta Pleci) menempuh jalan istan. Cara satu-satunya yang banyak mereka lakukan adalah memberinya doping. Hal ini tentu saja selain tidak baik bagi kesehatan burung, juga sangat kurang menunjukkan rasa cinta-kasih pada burung. Sebab, dengan doping yang bahkan hingga dioplos dengan berbagai jenis atau merek doping lain, Pleci akan merasa sangat tersiksa. Mereka dipaksa untuk melakukan apa pun yang tidak seharusnya dan di luar kemampuannya. Namun berkat doping ini, Pleci bisa melakukannya meskipun dengan sangat terpaksa karena doping ini telah mengendalikannya.

Daripada melakukan proses instan sepeti di atas, sebaiknya Anda memilih dan memberikan perawatan yang alami saja. Selain bisa membuat burung lebih sehat dan mempunyai umur yang lebih panjang, perawatan yang sehat dan tepat akan membuat burung merasa lebih rileks dalam menempuh prosesnya ini. Karenanya, burung secara otomatis akan lebih sehat dan mempunyai umur yang lebih panjang.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat Pleci cepat ngalas dan buka paruh adalah dengan mencoba menggantang di ketinggian. Caranya adalah Anda bisa mengerek Pleci sebagaimana biasa orang lakukan untuk burung perkutut. Teknik ini sangat jitu dalam membuat burung Pleci bakalan cepat ngalas dan bahkan bisa buka paruh. Sebab, dengan digantung di ketinggian seperti ini setiap hari, burung Pleci akan merasa lebih nyaman dan terpancing untuk ngalas dan buka paruh. Karena, teknik ini bisa membuat Pleci memanggil-manggil temannya di mana yang demikian ini tentunya sangat baik untuk proses buka paruh.

Di samping dilakukan setiap hari, mengerek Pleci juga harus dilakukan mulai dari pagi hari hingga agak siang (namun tentunya harus disesuaikan dengan  kebutuhan dan kondisi). Mengerek Pleci di pagi hari dan bahkan sebelum matahari terbit, juga bertujuan sebagai pengembunan pada burung mungil ini. Dan sebagaimana kita ketahui, pengembunan pada burung berkicau, sebagaimana Pleci ini, mempunyai manfaat yang sangat banyak, utamanya dalam membentuk Pleci supaya cepat ngalas dan buka paruh.

Sebelum Anda melakukan terapi seperti ini, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal supaya usaha yang Anda lakukan ini tidak menjadi boomerang. Pertama-tama, pastikan Anda membuat kerekan yang kuat untuk menjaga terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, jatuh atau patah, misalnya. Pastikan pula sebelum Anda mengerek atau menaikkan Pleci, Anda mengikat cantolan sangkar dengan sangat kuat sehingga jika tiba-tiba ada angin kencang, cantolan sangkar tidak mudah terlepas. Selain itu, pastikan pula kondisi cuaca terang alias tidak hujan.

Demikian cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses ngalas dan buka paruh pada Pleci. Proses ini biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat Pleci berada di level ini. Namun tentu saja hal ini sangat dipengaruhi oleh perawatan dan genetik dari Pleci itu sendiri.

Mengerek Pleci Bakalan Setiap Hari Membuat Cepat Ngalas dan Buka Paruh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment