Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, January 14, 2016

Mengoptimalkan Power Kenari dengan Daun Mengkudu

Pernahkah Anda mempunyai kenari bakalan yang suranya tidak kunjung mecah padahal kalau dilihat dari usia sudah seharusnya gacor? Atau mungkin Anda pernah mempunyai kenari yang suaranya kurang lantang sehingga merasa pede untuk digantang karena khawatir kurang mendapatkan perhatian juri di lapangan? Jika iya, Anda perlu melakukan terapi untuk kenari Anda supaya cepat mecah dan lantang. Anda tidak perlu menggunakan obat-obatan yang banyak mengandung kimia untuk mengatasi masalah ini. Sebab, daun mengkudu yang banyak tumbuh di samping-samping rumah sangat manjur dalam mendongkrak dan mengoptimalkan power kenari.

Daun mengkudu adalah tanaman obat yang mampu mengoptimalkan pita suara burung sehingga dapat meningkatkan power kenari. Bahkan daun mengkudu ini juga mampu membuat suara kenari lebih cepat mecah sehingga lebih cepat pula gacor. Namun demikian, belum jelas apa kandungan yang terdapat dalam daun mengkudu yang mampu mengoptimalkan pita suara burung. Namun yang pasti, daun mengkudu mengandung banyak senyawa yang sangat baik bagi kesehatan.

Dalam konteks ini perlu diketahui bahwa mengkudu merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis kopi-kopian dan biasanya tumbuh di dataran rendah. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Morinda citrifolia, Linn ini merupakan tanaman yang sudah lama dijadikan obat tradisional oleh nenek moyang kita. Baik daun maupun buahnya, sama-sama mempunyai khasiat obat. Buah mengkududapat mengobati jerawat batu, jerawat, hipertensi, penyakit kuning, demam seperti masuk angin dan influenza, sakit perut, batuk, menghilangkan sisik pada kaki, dan mencegah kanker.

Adapun daun mengkudu juga bisa dimanfaatkan sebagai pencegah kanker, sebagai anti inflamasi, dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, daun mengkudu juga bisa dijadikan obat kembung pada bayi dan menstabilkan darah. Manfaat ini ada dan sangat manjur karena daun mengkudu banyak mengandung anti oksidan yang sangat tinggi. Selain itu, daun mengkudu juga mengandung enzim dan senyawa seperti glikosida, seleum, vitamin A, xeronine, dan terpenoid.

Jika dilihat dengan seksama, kandungan di atas tidak ada hubungan sama sekali dengan pita suara dan power burung. Namun begitu, perpaduan semua kandungan senyawa di ataslah yang mungkin bisa membuat daun mengkudu mampu meningkatkan dan mengoptimalkan pita suara burung kenari. Kemungkinan lainnya adalah, ada unsur senyawa lain yang belum ditemukan dalam daun ini yang mampu meningkatkan dan mengoptimalkan pita suara burung. Sebab penelitian yang dilakukan selama ini hanya fokus pada kandungan yang berhubungan dengan manusia. Penelitian yang berkaitan dengan burung belum pernah dilakukan sehingga mungkin senyawa tersebut belum diungkapkan.

Sebenarnya, manfaat di atas tidak hanya untuk burung kenari namun berlaku untuk semua burung. Dan daun mengkudu yang boleh diberikan pada burung adalah daun yang masih muda. Bahkan kalau mungkin, pilihlah daun yang baru tumbuh/bersemi dan masih lentur. Untuk burung kenari, daun mengkudu ini bisa diberikan secara langsung sebagaimana pemberian sawi atau buah karena kenari adalah burung pemakan buah dan sayur (serta biji-bijian).

Untuk burung pemakan serangga seperti murai batu, cucak ijo, kacer, cendet, dan lain sebagainya, daun mengkudu bisa diberikan pada jangkrik. Meskipun daun ini tidak dimakan secara langsung oleh burung pemakan serangga, namun tetap tidak mengurangi khasiatnya. Sebab, selain telah diserap oleh tubuh jangkrik, daun mengkudu yang terdapat dalam perut jangkrik baik yang sudah dicerna maupun belum, akan ikut dimakan oleh burung pemakan serangga ini.


Mengoptimalkan Power Kenari dengan Daun Mengkudu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

kicau senja said...

Pakan alternatif kenari untuk mengembalikan kondisi setelah mabung. Higienis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya

Klik link dibawah ini untuk detailnya
Pakan alternatif kenari untuk mengembalikan kondisi setelah mabung

Post a Comment