Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, January 15, 2016

Obati Burung Kutuan dengan Rebusan Air Daun Sirih

Sirih yang mempunyai nama latin Piper betle, Linn  adalah tanaman asli Indonesia. Tanaman ini tumbuh merambat dengan bentuk daun menyerupai lambang cinta. Panjang daun sirih ini sekitar 5—8 cm dan lebar 2—5 cm. Tanaman ini sudah lama dikenal sebagai tanaman obat oleh masyarakat kita karena banyak mengandung senyawa kimia yang sangat baik bagi kesehatan manusia.

Daun sirih dimaksud di sini adalah daun sirih hijau. Beberapa kandungan di antaranya ialah seperti minyak atsiri (yang mengandung minyak terbang), fenil propana, seskuiterpen, dan hidroksikavicol. Daun sirih juga mengandung diatase, estragol, gula, pati, kavicol, kavivetol, tanin, cyneole, allylpyrokatekol, caryophyllene, cadinene, seskuiterpena, dan terpennena. Daun sirih juga mengandung zat samak dan kavikol yang berkhasiat untuk mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, dan juga anti jamur.

Dengan kandungan di atas, sirih dapat dimanfaatkan untuk membasmi dan mencegah serangan kutu pada burung berkicau. Hal ini disebabkan karena daun sirih ini tidak hanya mempu mengusir kuman namun juga kutu yang mungkin terdapat pada burung berkicau kesayangan Anda. Dengan pemberian daun sirih ini, kutu-kutu yang terdapat dalam bulu burung bisa langsung mati sehingga burung Anda bisa kembali sehat.

Seperti kita ketahui, burung yang kutuan biasanya mengalami penurunan kesehatan. Hal ini akibat gigitan kutu yang setiap saat mengganggunya. Tidak hanya itu, burung yang terserang kutu juga akan menjadi lebih kurus dan sering menggigit bulu-bulunya. Bahkan bulu burung juga cenderung tidak rapi dan terlihat kurang sehat sehingga burung pun terlihat kurang sehat.

Dengan memanfaatkan daun sirih ini, burung akan menjadi lebih sehat karena kutu-kutu sudah bisa dibasmi. Adapun cara pemanfaatannya adalah dengan cara direbus lalu dibuat mandi. Untuk burung-burung yang sudah terlanjur berkutu, mandi dengan rebusan air sirih dapat dilakukan sesering mungkin, misalnya pagi dan sore. Sedangkan untuk pencegahan, burung bisa dimandikan cukup dua kali dalam seminggu.

Kedua metode di atas harus dilakukan secara rutin, terutama untuk burung yang sudah terlanjur terserang kutu. Hal ini bertujuan agar pembasmian kutu yang Anda lakukan lebih maksimal. Sebab, apapun yang dilakukan secara kontinyu memberikan hasil yang jauh lebih baik.



Obati Burung Kutuan dengan Rebusan Air Daun Sirih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment