Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, January 18, 2016

Penanganan Murai Batu Over Birahi


Burung apapun, termasuk Murai Batu, pasti pernah mengalami kondisi birahi berlebih atau yang lebih dikenal dengan istilah over birahi (OB). Burung yang OB ini tidak hanya akan menjadi galak dan mengejar orang yang mungkin lewat di dekatnya, namun jika dikonteskan pun tidak bisa bekerja dengan maksimal. Ketika digantang, Murai Batu OB biasanya akan menabrak dan mengejar burung-burung yang ada dikatnya dan juga menunjukkan beberapa perilaku OB lainnya. Karenanya, Murai Batu yang OB ini perlu mendapatkan penanganan yang tepat agar bisa stabil.

Penanganan pada Murai Batu yang OB ini bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagaimana berikut.

— Kurangi porsi EF
Ketika Murai Batu Anda mengalami OB, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurangi porsi EF. Sebab pada dasarnya, OB pada Murai Batu disebabkan karena tubuh kelebihan suhu yang sangat panas sehingga birahi burung menjadi memuncak. Kondisi ini utamanya disebabkan karena Murai Batu mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti voer dengan merek tertentu, jangkrik, dan kroto. Karenanya, jika Murai Batu Anda OB, pangkaslah pemberian EF.

— Mandi lebih sering
Jika pada setelan harian Murai Batu Anda mandinya hanya sekali dalam sehari, namun jika OB mandi harus dilakukan lebih sering. Anda bisa meningkatkan frekuensi mandi menjadi 2—3 kali sehari, pagi, siang, dan sore. Mandi di sini pun berfungsi membantu menurunkan tingkat birahi burung yang tinggi hingga ke titik normal.

— Bila perlu. lakukan mandi malam
Untuk Murai Batu dengan tingkat birahi yang sangat tinggi, mandi siang saja kadang kala tidak cukup. Karenanya, Anda bisa melakukan mandi malam yang waktunya bisa dilakukan mulai habis Isyak hingga tengah malam. Mandi malam, sepanjang dilakukan dengan cara yang benar, mempunyai khasiat yang lebih baik dalam menurunkan birahi burung daripada mandi yang dilakukan siang hari, sekalipun dengan jumlah yang lebih banyak. Karenanya, jika OB pada Murai Batu Anda membandel, maka mandi malam sangat perlu dilakukan.

— Pengembunan
Pengembunan pun mempunyai khasiat yang sama dalam menangani Murai Batu OB. Hal ini disebabkan karena pengembunan dapat membuat suasana hati Murai Batu seperti berada di alam bebas. Selain itu, pengembunan juga menekan dan menyetabilkan level birahi. Untuk itu, lakukan pengembunan setiap pagi, mulai habis adzan subuh hingga matahari terbit. Setelah itu, burung diangkat lalu dimandikan untuk mandi pagi. Pengembunan ini bisa dilakukan setiap hari selama Murai Batu mengalami OB.

— Umbar sesering mungkin
Sebenarnya, pengumbaran pada Murai Batu sangat mutlak dibutuhkan untuk menjaga staminanya selama berada dalam sangkar harian. Karenanya, untuk Murai Batu kontes, banyak yang diumbar supaya burung lebih sehat dan memiliki stamina yang prima. Namun demikian, untuk Murai Batu yang OB, pengumbaran juga sangat penting dilakukan untuk menyetabilkan birahi burung. Pengumbaran bisa dilakukan setiap hari selama burung mengalami OB. Selanjutnya, pengumbaran bisa dikurangi sesuai dengan kebutuhan dan karakter burung.


Penanganan Murai Batu Over Birahi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment