Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, January 2, 2016

Penyebab dan Solusi Cendet Buka Sayap di Gantangan


Cendet, di samping dijadikan sebagai burung rumahan, juga banyak dijadikan burung lomba. Burung cendet yang dijadikan burung lomba tentu saja adalah burung-burung pilihan, baik dari segi mental, materi, irama, dan gaya. Dengan kriteria tersebut, cendet bukan lagi burung murahan namun burung-burung berbakat dan berprestasi yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Untuk menjadi burung bagus, seekor cendet harus bisa tampil baik di lapangan. Burung harus mempunyai durasi kerja yang maksimal dan nancep. Namun itu bukan persoalan yang mudah karena membutuhkan setingan yang pas. Ada kalanya, jika setingan kurang pas, burung menjadi banyak ngetem, banyak tingkah atau munting, atau bahkan melantai, yang semua ini bisa mengurangi nilai saat lomba.

Problem lainnya yang juga kerap terjadi pada cendet adalah buka sayap atau yang lebih dikenal dengan istilah miyik. Meski cendet jawara sekalipun, mempunyai potensi miyik sebab hal ini memang sifat dasar cendet, khususnya ketika mabung. Namun jika cendet miyik ini terjadi di lapangan, tentu hal ini menjadi persoalan tersendiri dan ini bisa mengurangi nilai.

Burung cendet miyik di lapangan bukanlah karena ia lapar atau manja sebagaimana yang terjadi pada cendet anakan atau trotol. Cendet miyik di lapangan disebabkan oleh kondisi burung yang kurang fit. Miyik ini sebagai reaksi seekor cendet atas kondisi tubuh dan tenaganya yang tidak stabil karena tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi lawan-lawannya. Akibatnya, cendet buka sayap sambil ngetem di sela-sela ngocehnya sebagai bentuk pelampiasan atas kondisi tersebut.

Lalu bagaimana cara mengatasi burung cendet yang buka sayap di lapangan? Sebenarnya caranya sangat mudah. Anda tinggal membuat burung tersebut supaya benar-benar fit dan siap untuk bertempur di lapangan. Jika burung Anda baru habis dari perjalanan jauh atau baru selesai mabung, sebaiknya tunggulah beberapa saat sampai burung dalam kondisi yang fit. Baru setelah burung menunjukkan tanda-tanda siap tempur, Anda boleh menggantangnya ke lapangan. Jika tidak, cendet Anda tetap berpotensi untuk miyik.

Selain itu, Anda perlu mengatur menu atau stelan harian yang pas. Begitu juga dengan mandi dan jemur, harus diperhatikan dan dijaga dengan baik sebab semua ini menentukan stabil dan tidaknya cendet Anda di lapangan. Sebab memang pada faktanya, tampil bagus dan tidaknya cendet di lapangan ketika lomba, sangat dipengaruhi oleh rawatan harian.

Ketahui pula ciri-ciri cendet yang sudah siap lomba. Dengan mengetahui ini, Anda berarti mengetahui secara pasti fit dan tidaknya kondisi cendet yang Anda pelihara. Kondisi ini menunjukkan siap dan tidaknya seeokor cendet untuk tampil baik di lapangan. Beberapa indikator fit dan siapnya cendet turun ke lapangan di antaranya ditandai dengan adanya beberapa kondisi seperti sepahan yang bulat, kecil, dan padat. Ekor cendet siap juga dalam kondisi menyatu, begitu juga dengan sayap yang rapat dan mengepit ke belakang.

Cendet yang siap gantang juga sangat rajin berbunyi dalam kesehariannya di rumah. Sekalipun di kerodong, burung tetap akan rajin berbunyi. bahkan jika kerodong dibuka, burung langsung akan berbunyi dengan ngototnya. Dan sekalipun Anda memegang sangkarnya, cendet siap lomba tetap akan ngoceh, seakan mengajak Anda untuk bertempur.



Penyebab dan Solusi Cendet Buka Sayap di Gantangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment