Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, January 17, 2016

Perawatan Cendet Nyulam Versi Om Erick Banyu

Pernahkah cendet Anda mengalami rontok bulu namun hanya sedikit dan terjadi hampir setiap hari layaknya burung mabung? Cendet yang mengalami kondisi ini disebut nyulam, karena bulu yang jatuh hanya sedikit-demi sedikit. Adapun bulu yang jatuh biasanya hanya terjadi pada bulu halus, tetapi dalam beberapa kasus, juga terjadi pada bulu besar seperti sayap dan ekor.

Cendet nyulam terjadi karena banyak hal, seperti pola perawatan yang keliru atau salah, mabung yang tidak tuntas, voer yang tidak cocok, dan lain sebagainya. Perawatan yang keliru bisa menyebabkan bulu menjadi bulu rontok sehingga terjadi nyulam yang kadang kala berkepanjangan. Begitu juga dengan mabung yang tidak tuntas, bulu-bulu tua atau lama yang semestinya sudah rontok, tetap tidak jatuh. Akibatnya, suatu waktu bulu yang kelewat tua ini bisa jatuh kapan saja.

Perawatan cendet nyulam ini berbeda dengan rawatan harian maupun cendet mabung. Sebab meskipun cendet menjatuhkan bulu-bulunya, kondisinya tetap tidak sama dengan cendet mabung, baik dari sisi fisik maupun psikilogis. Selain itu, cendet nyulam pun kondisinya tidak sama dengan cendet normal sebab ia mengalami jatuh bulu. Karenanya, cendet nyulam memerlukan perawatan khusus supaya lebih cepat tuntas.
Om Erick Banyu, salah seorang pemain cendet asal Klaten Jawa Tengah,  memberikan rawatan pada semua gacoannya yang mengalami nyulam dengan  perawatan khusus. Beliau memberikan perlakukan yang sama sekali berbeda terhadap cendet nyulam dengan perawatan cendet lainnya. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa perawatan cendet nyulam versi Om Erick Banyu, yang terkenal dengan Cendet andalannya yang bernama Dagadu.

— Setelan EF tetap seperti biasa
Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk perawatan cendet yang sedang nyulam adalah tetap memberikan menu EF seperti biasa. Jika porsi jangkrik harian adalah 5/5 pagi dan sore, maka porsi ini tetap dilanjutkan. Untuk EF berupa kroto dan UH, sewaktu-waktu Anda boleh menambahkannya dengan tujuan untuk mempercepat proses rontok bulu.

— Tempatkan di ruangan tersendiri
Untuk cendet nyulam, sangat penting untuk ditempatkan di ruangan khusus. Pastikan bahwa ruangan yang Anda pilih adalah tenang dan sepi. Hal ini bertujuan supaya burung lebih tenang dan rileks sehingga proses nyulam bisa normal dan tidak terhambat.

— Full kerodong
Sama seperti cendet mabung, cendet nyulam juga harus full kerodong, kecuali saat memberikan dan mengganti pakan. Hal ini bertujuan supaya cendet merasa lebih tanang sehingga proses nyulam bisa berjalan lebih cepat. Namun yang perlu diingat, sewaktu-waktu Anda tetap perlu membersihkan kotoran burung dan mengangin-anginkannya sejenak. Setelah itu, burung bisa dimasukkan kembali ke dalam rumah dan siap untuk difull kerodong lagi.

— No mandi, no jemur
Cendet yang sedang nyulam sebaiknya tidak dimandikan dan tidak pula dijemur. Sebab keduanya, baik air maupun sinar matahari, sama-sama bisa menyebabkan bulu burung menjadi lebih segar kembali sehingga proses nyulam pun bisa terhambat. Namun begitu, ketika burung menunjukkan beberapa perubahan seperti gejala kurang sehat, mandi dan jemur sangat perlu dilakukan.

Intinya, menurut Om Erick Banyu, perawatan cendet nyulam adalah membuatnya supaya lebih tenang. Selain itu, cendet juga perlu dikarantina dan tidak dijemur maupun mandi. Dengan sistem perawatan seperti ini, diharapkan proses nyulam pada cendet bisa terjadi lebih cepat dari yang seharusnya.


Perawatan Cendet Nyulam Versi Om Erick Banyu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment