Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, January 17, 2016

Perawatan Cendet Stres Akibat Sangkar Terjatuh

Cendet adalah burung yang sangat sensitif sehingga perubahan sangkar maupun pangkringan, kerap kali membuatnya stres sehingga tidak mau berbunyi. Apalagi jika sangkar terjatuh, cendet biasanya akan lebih stres lagi sehingga tidak mau berbunyi atau tidak serajin hari-hari sebelumnya.

Sangkar bisa saja terjatuh, baik karena gucangan angin, terkena sundulan kepala, maupun saat Anda menggantungnya di atas cantolan akibat posisi yang kurang pas. Ketika sangkar terjatuh, burung kerap kali menjadi stres berat yang ditunjukkan dengan beberapa perubahan perilaku seperti menjadi sangat giras atau bahkan pendiam, tidak mau berbunyi, salto, dan lain sebagainya.

Perubahan perilaku ini bisa saja terjadi cukup selama. Bahkan jika Anda tidak mencoba mengondisikannya, burung bisa berujung pada kematian akibat stres yang kelewat berat dan berkepanjangan. Karenanya, dalam artikel ini akan diuraikan bagaimana cara memberikan perawatan yang tepat pada cendet yang mengalami stres berat akibat sangkar terjatuh.

— Karantina dan full kerodong
Saat cendet Anda mengalami stres akibat sangkar yang terjatuh, urungkan niat Anda semantara waktu untuk mendengarkan kiacuannya. Sebab, cendet Anda harus dikondisikan terlebih dahulu karena ia membutuhkan perawatan intensif. Dan cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah burung dikarantina dan full kerodong. Hal ini bertujuan supaya cendet Anda merasa lebih tenang.

— Embunkan saat pagi hari
Pengembunan pada pagi hari merupakan hal yang mesti Anda lakukan. Sebab dengan pengembunan, cendet akan merasa seperti berada di alam bebas sehingga membantu membangkitkan naluri alamiahnya. Bahkan cuaca pagi yang sejuk dan dingin dapat memberikan efek tersediri pada psikologis cendet sehingga lambat laun stres cendet bisa hilang dengan sendirinya.

Pengembunan bisa dilakukan setelah adzan subuh hingga matahari terbit. Setelah itu, burung bisa kembali dikerodong dan dimasukkan kembali ke dalam rumah. Namun sebalum dikerodong, cendet bisa dimandikan terlebih dahulu supaya lebih fresh.

— Berikan jangkrik lebih banyak
Dalam masa ini, Anda harus memanjakan cendet dengan cara memberikan jangkrik dengan takaran lebih banyak. Hal ini bertujuan supaya cendet merasa lebih nyaman  sehingga stres pun bisa hilang lebih cepat.

— Berikan kroto
Anda boleh memberikan makanan-makanan enak pada cendet Anda yang sedang stres berat ini. Makanan terenak untuk cendet salah satunya adalah kroto. Kroto ini sangat kaya nutrisi yang akan membantu meningkatkan mood dan tenaga cendet sehingga akan lebih cepat keluar dari suasana stres ini. Bahkan dengan pemberian kroto yang dilakukan setiap hari, akan membantu membuat cendet lebih cepat berbunyi.

— Perdengarkan suara gemericik air
Dalam masa karantina ini, Anda sangat dianjurkan untuk memutar atau memperdengarkan suara gemericik air dari Hape atau media lainnya. Hal ini bisa memberikan sensasi tersendiri bagi burung-burung yang stres sebagaimana cendet Anda. Dalam hal ini, cendet akan merasa lebih refresh sehingga stres lebih cepat hilang dan burung pun lebih cepat bernyanyi.



Perawatan Cendet Stres Akibat Sangkar Terjatuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment