Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, February 18, 2016

10 Ciri Murai Murai Batu Medan yang Harus Anda Ketahui


Murai Batu Medan merupakan burung yang sejauh ini diklaim sebagai jenis Murai Batu paling dicari. Hal ini disebabkan karena burung ini selain mempunyai bentuk tubuh yang eksotis dengan ekornya yang panjang, juga mempunyai kualitas kicau yang istimewa. Karenanya, burung Murai Batu jenis ini mempunyai nilai jual yang sangat mahal.

Burung Murai Batu Medan sebenarnya hanyalah sebuah istilah yang merujuk pada ekor yang mempunyai ekor panjang. Sebab Murai Batu jenis ini tidak hanya didatangkan dari Medan namun dari daerah-daerah lain seperti Aceh (Pidie, Tangse, Sabang, Langkat, dan lain-lain), Padang Sidempuan, dan daerah-daerah lain. Bahkan kadang kala burung ini juga didatangkan dari daerah Semenanjung Malaysia.

Karena Murai Batu Medan ini diidentikkan dengan Murai Batu ekor panjang, maka tidak jarang pedagang nakal melakukan kecurangan dengan menyambungkan ekor burung Murai ekor pendek. Hal ini bertujuan supaya pedangan memperoleh untung yang tinggi dari penjualan Murai Batu ekor pendeknya.

Kecurangan lain yang kerap kali dilakukan pedagang nakal adalah menjual Murai Batu Lampung namun diakui sebagai Murai Batu Medan. Bahkan Murai Batu Medan hasil silangan pun bisa diklaim sebagai Murai Batu Medan jika mempunyai ekor panjang dan motifnya mendekati motif ekor Murai Batu Medan.

Untuk itu, diperlukan kejelian dan kehati-hatian yang ekstra supaya Anda tidak tertipu saat membeli Murai Batu Medan pada pedagang. Sebab pada dasarnya, Murai Batu Medan ini mempunyai ciri khas yang sama sekali berbeda dengan Murai Batu lainnya. Karenanya, mengetahui ciri Murai Batu Medan yang asli adalah sebuah keharusan bagi Anda yang ingin hunting Murai Batu Medan.

Ciri-ciri Murai Batu Medan ini sangat khas. Namun jika Anda belum memahami dengan betul tentang ciri-ciri Murai Batu Medan ini, Anda akan dibuat kerepotan. Sebab, ciri-ciri Murai Batu Medan bisa kabur dengan ciri Murai Batu lainnya. Namun dengan mengingat dan menghafal beberapa poin berikut, tampaknya Anda tidak usah ragu lagi. Karenanya, simak penjelasan
ciri-ciri Murai Batu Medan berikut.


motif ekor Murai Batu Medan (gambar: macamcara.info)
  1. Dari segi postur, Murai Batu Medan mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan Murai Batu jenis lainnya. Namun begitu, bentuk tubuh tersebut tetap ideal karena serasi dengan panjang ekor.
  2. Bentuk kepala Murai Batu Medan sangat bagus. Bahkan ketika badan berdiri tegak, kepala burung akan terlihat lebih sempurna lagi.
  3. Badan berdiri tegak, layaknya burung cendet. Jika bertarung, posisi badan akan lebih terlihat.
  4. Ekor panjang dengan ukuran antara 14cm-27cm (tergantung indukannya). Berbentuk melengkung (lihat pada gambar di atas).
  5. Motif ekor Murai Batu Medan adalah terdapat empat pasang bulu berwarna putih tegas yang terdapat pada kanan kiri ekor. Terdapat strip berwarna hitam membalah secara horizontal dari pangkal ekor. Kadang corak putih ini membentuk huruf “U” yang terpotong di tengahnya.
  6. Warna hitam pada Murai Batu Medan sangat kontras mengkilat. Bahkan jika dijemur dan terkena matahari, akan memancar warna efek sinar kebiru-biruan.
  7. Warna kaki Murai Batu Medan kerap kali dijumpai berwarna merah kecokelatan. Namun begitu, tidak jarang juga dijumpai kaki berwarna hitam.
  8. Jika sudah tua, bentuk kaki Murai Batu Medan akan melekuk seperti belimbing.
  9. Suara kicauan Murai Batu Medan biasanya lebih variatif.
  10. Volume sangat keras dan ngebas
Demikian ciri-ciri Murai Batu Medan yang dapat Anda jadikan acuan jika Anda ingin membeli Murai Batu Medan. Semoga bermanfaat.



10 Ciri Murai Murai Batu Medan yang Harus Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment