Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, February 2, 2016

2 Penyebab dan Solusi Love Bird Merambat di Gantangan

Salah satu problem yang sering dikeluhkan oleh pemain Love Bird adalah burung tidak bisa anteng di tangkringan/pangkringan. Love Bird kerap kali merambat ke jeruji entah naik maupun turun. Perilaku seperti ini di samping membuat Love Bird jadi lebih jarang berbunyi, juga dapat mengurangi nilai. Karenanya, hal ini harus diantisipasi dan segera diatasi supaya Love Bird Anda bisa tampil maksimal.

Perilaku merambat ini tidak hanya bisa terjadi pada burung muda namun Love Bird yang sudah mapan sekalipun mempunyai potensi yang sama. Lalu apa penyebab Love Bird  yang merambat saat digantang di lapangan? Penyabab Love Bird merambat setidaknya dapat disebabkan oleh dua hal sebagaimana berikut.

— Terlalu birahi
Perilaku merambat pada burung Love Bird saat digantang di lapangan biasanya disebabkan karena setelan yang terlalu birahi. Dalam hal ini, Love Bird terlalu banyak asupan Ekstra Foding seperti kangkung atau penjemuran yang terlalu berlebihan. Atau bahkan mungkin kondisi birahi yang sudah berlangsung lama karena penyebab yang kurang jelas yang biasanya kerap terjadi pada Love Bird.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengurangi pengurangi pemberian EF. Sebab pada dasarnya, kasus birahi yang berlebihan pada burung Love Bird disebabkan karena asupan EF yang berlebihan atau melebihi porsi yang dibutuhkan oleh Love Bird. Selain itu, Anda juga bisa melakukan mandi malam supaya usaha penurunan birahi lebih optimal. Sebab, kombinasi pengurangan takaran EF dan mandi malam ini bisa membantu mempercepat penurunan birahi pada burung Love Bird.

— Pangkringan kurang cocok
Selain karena faktor birahi yang terlalu tinggi, Love Bird yang merambat ke jeruji sangkar saat digantang juga bisa terjadi karena faktor pangkringan yang kurang pas. Hal ini bisa dari segi bahan atau ukurannya sehingga membuat Love Bird kurang nyaman nangkring di pangkringan. Burung Love Bird selalu kurang nyaman ketika mencoba memberikan respon dan bertarung melawan musuh-musuhnya sehingga sebagai pelampiasannya, Love Bird akhirnya merambat dan tidak berbunyi.

Jika ini terjadi, sebaiknya lakukan pengamatan pada pangkringan yang Anda buat. Ada kalanya pangkringan burung Love Bird pada sangkar bulat terbuat dari plastik sehingga kerap kali membuat Love Bird kurang nyaman. Jika ternyata Anda sudah menggantinya, cobalah ganti pangkringan tersebut dengan kayu asam atau pangkringan pasir dengan berbagai ukuran.

Saat Anda melakukan ini, amati perkembangannya, apakah burung sudah nyaman atau belum. Dan satu-satunya hal yang harus Anda lakukan untuk membuktikan hal ini ialah dengan mencoba mengetrek atau menggantangnya ke latberan. Hal ini merupakan cara yang paling efektif daripada hanya melihat perkembangan di rumah.

Untuk memastikan penyebab Love Bird yang merambat, Anda harus memastikan terlebih dahulu apa saja yang telah terjadi. Jika Anda merasa tidak memberikan EF yang berlebih dan sayap tidak begitu nyilang, bisa dimungkinkan perilaku merambat pada Love Bird Anda adalah karena faktor lain, yang dalam hal ini masalah pangkringan. Namun sebaliknya, jika sayap menyilang cukup rapat sekalipun Anda tidak memberikan EF berlebih, bisa dimungkinkan ini karena faktor birahi yang berlebih.

Dari penjelasan di atas dapat dijelaskan bahwa pemahaman terhadap burung Love Bird adalah satu-satunya hal yang paling penting dalam mengatasi Love Bird yang merambat ini. Sebab, dengan memahami kondisi dan kemauan Love Bird, memberikan pengetahuan yang lebih pada Anda dalam memberikan solusi. Karenanya, pahami kondisi dan kemauan Love Bird Anda, dengan itu Anda akan mudah memberikan solusi pada Love Bird Anda yang sering merambat saat digantang di lapangan.

2 Penyebab dan Solusi Love Bird Merambat di Gantangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment