Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, February 1, 2016

3 Ciri Love Bird Siap Lomba

Sejak pertengahan tahun 2014 di mana harga Love Bird warna mengalami kemerosotan yang sagat tajam, Love Bird di arena lomba justru naik daun. Bahkan setahun kemudian, burung cinta pada setiap even burung berkicau semakin ramai. Tingkat laber (latihan bersama) saja seperti yang terjadi di Yogyakarta, khususnya di Modalan, kelas Love Bird hingga 3 kelas (A, B, dan C). Bahkan saat ini pun, kelas Love Bird selalu ramai di hampir semua kota dalam berbagai kategori even burung berkicau, mulai dari Latber, Latpres, regional, dan nasional.

Bagi sebagian orang, main Love Bird itu susah. Bagi sebagian lainnya, merawat dan menampilkan Love Bird adalah relatif mudah bila dibandingkan dengan burung ocehan lainnya seperti Cendet, Murai Batu, Kacer, Cucak Hijau, Anis Merah, dan lain sebagainya. Merawat Love Bird lebih simpel daripada burung ocehan sebab burung ini tidak membutuhkan jemur yang ketat dan perawatan yang ekstra. Namun bagi Anda yang belum memahami secara baik perawatan Love Bird tentu saja ini sangat sulit, apalagi EF pada burung paruh bengkok ini berbeda dengan EF pada burung berkicau. Takaran EF nya pun harus diberikan dengan takaran yang pas dan ini sangat sulit dilakukan oleh para pemula.

Sebenarnya, tidak ada perawatan burung yang mudah sepanjang Anda tidak mengetahuinya dengan baik. Begitu juga tidak ada perawatan burung yang sulit jika Anda menguasainya dengan baik. Hal ini juga berlaku pada burung Love Bird, di mana jika Anda memahami perawatan burung ini dengan baik, maka bukan tidak mungkin Anda bisa sukses setiap kali gantang ke lapangan.

Sebelum Abda menggantang Love Bird ke lapangan, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu seperti apa ciri-ciri Love Bird yang siap untuk dilombakan. Sebab jika Anda tidak memperhatikan masalah ini, bisa dimungkinkan Love Bird Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal. Karenanya, di bawah ini kana dijelaskan mengenai ciri-ciri dari Love Bird yang siap lomba atau setidaknya untuk turun ke arena Latberan.

— Badan mengecil
Perta-tama jika ingin mengetahui siap dan tidaknya Love Bird Anda, lihatlah bentuk badannya. Bentuk bandan Love Bird normal biasanya kecil namun jika telah siap untuk digantang, kondisi badan burung biasanya akan mengecil. Bulu tidak lagi mengembang namun sangat rapi dan dan singset.

— Di rumah ngetik saja
Love Bird yang siap untuk digantang bukanlah burung yang gacor di rumah melainkan hanya ngetik dengan durasi yang pendek namun diulang. Jika burung gacor dan ngetik panjang, bisa dimungkinkan burung tersebut dalam kondisi birahi tinggi sehingga kurang baik jika diturunkan ke lapangan. Sebab, Love Bird dalam kondisi ini biasanya tidak akan bisa tampil optimal di lapangan dan berpotensi cuma berbunyi narik-narik saja di lapangan.

— Sayap gak begitu nyilang
Sayap Love Bird yang siap lapangan, posisi sayap menyilang namun tidak behitu mengepit. Sayap yang terlalu menyilang bisasanya suatu pertanda bahwa kondisi Love Bird stelannya terlalu kencang. Jika dicoba ke gantangan, Love Bird biasanya akan berpotensi ngeruji atau merambat.


3 Ciri Love Bird Siap Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

intisuryapanel.web.id said...

sangat bermanfaat sekali maklum newbie, berati lovbird saya sudah siap gantang, typenya sama yang di sebutin di atas, sayap nyilang, di rumah cuma ngetik2 saja, kalau narik sekali tp panjang, makasih om jadi ga ragu untuk nurunin lb kesangan salam by solar panel jakarta

Post a Comment