Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, February 15, 2016

4 Video Cendet Jawara yang akan Mengubah Perspektif Anda


Tipsburung.com. Berbicara tentang Cendet jawara, tentu saja banyak sekali yang harus disebutkan. Dari waktu ke waktu, cendet jawara muncul silih berganti, tumbuh-hilang. Hal ini disebabkan karena burung sebagai makhluk hidup mempunyai performanya yang bisa pasang surut.

Lalu apa yang Anda pahami tentang cendet jawara? Apakah cencet jawara adalah cendet yang mempunyai speed yang rapat saja tetapi materi bisa dibilang pas-pasan? Atau cendet dengan materi istimewa saja namun speed biasa-biasa saja atau bahkan mungkin gaya atau show kurang bagus? Atau cendet bagus adalah cendet yang hanya bisa tampil dan duduk manis dengan power yang biasa?

Selama ini, sejauh pengamatan tipsburung.com, cendet jawara pada umumnya adalah cendet yang berkualitas, baik dari segi materi, speed, irama, dan show. Dan yang paling penting saat di lapangan adalah cendet mempunyai durasi yang full.

Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa cendet jawara adalah cendet yang mampu tampil maksimal saat setiap digantang dengan show yang bagus. Kondisi ini didukung oleh materi yang bagus, speed rapat, irama lagu yang ciamik, dan power yang juga bagus.

Ada banyak cendetmania yang memandang kualitas cendet hanya dari sisi materi saja. Cendet dengan materi panjang-panjang dinilai sebagai cendet isitimewa sehingga dibandrol dengan harga mahal. Sementara itu, lagu rollnya kosong dan tidak main sama sekali. Bahkan burung ini termasuk ke dalam kategori tembak lari karena tidak bisa anteng saat membawakan lagu, utamanya setelah mengeluarkan senjata pamungkas yang berupa tembakan.

Anggapan di atas tentu saja tidak sepenuhnya salah, namun tidak sepenuhnya juga benar. Sebab, cendet dengan materi panjang biasanya akan lebih memukau dan bahkan bisa mengundang tepuk tangan di arena lomba. Namun begitu, kadang kala cendet ini tidak bisa bekerja maksimal di gantangan karena tidak bisa anteng. Karenanya, cendet seperti ini kadang kala susah untuk mendapatkan nominasi.

Dari itu dapat dikatakan bahwa barometer cendet bagus bukan hanya ditinjau dari materi semata. Beberapa hal lain, khususnya yang berkaitan dengan penampilannya di lapangan, terutama gaya atau show, menjadi prioroitas utama. Sebab sangat banyak sekali Cendet yang bermateri mewah namun tidak bisa tampil atau jalan di lapangan karena tidak bisa anteng.

Cendet bermateri dahsyat seperti di atas tentu saja tidak bisa dikategorikan sebagai cendet berkualitas, apalagi jawara. Sebab, burung seperti ini tidak bisa memberikan penampilan yang baik saat di lapangan. Burung biasanya hanya menunjukkan aksi-aksi akrobatik sehingga bisa mengurangi penilaian.

Sementara itu, cendet roll speed yang cenderung tidak mempunyai materi istimewa seperti cendet Commot (Milik MR. Tatuk, Surabaya) namun irama lagunya sangat ciamik, tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Burung-burung seperti ini akan tetap selalu mendapatkan poin terbaik karena mempunyai show dan irama yang bagus. Bahkan cendet seperti ini bisa mengalahkan cendet-cendet bermateri istimewa yang (pada umumnya) tidak mempunyai show yang bagus.

Simak video Cendet Commot di bawah ini.



Hipotesis di atas dibuktikan dengan adanya fakta di lapangan bahwa cendet dengan show dan irama yang bagus, sangat mungkin bisa mendapatkan poin maksimal dan mendominasi lomba. Hal ini dibuktikan oleh cendet Commot di atas yang posisinya tetap tidak tergoyahkan di tengah hiruk-pikuknya cendet bermateri istimewa dan bahkan update seperti menjamur saat ini.

Selain cendet Commot, cendet Bomber dari Pamekasan juga bisa dihadirkan untuk melengkapi sampel yang akan memperkuat hipotesis ini. Sebab, meski pun cendet ini mirip dengan cendet Commot di atas yang tidak mempunyai lagu yang panjang, namun speed dan iramanya sangat bagus. Karenanya, Cendet ini tetap bisa dimasukkan ke dalam kategori cendet bagus dan bahkan jawara di tanah Madura.

Simak pula video Cendet Bomber di bawah ini.



Lalu bagaimana dengan cendet yang mempunyai materi bagus dan panjang-panjang? Sebenarnaya, Cendet bermateri bagus justru akan lebih mengerikan lagi namun sepanjang mempunyai kriteria di atas (show bagus, speed rapat, irama bagus, dan volume merdu dan kencang). Sebab, burung dengan tipikal seperti ini akan mampu menunjukkan penampilan yang lebih sempurna yang diperlihatkan dari berbagai sisi.

Burung materi bagus seperti ini, akan mampu menunjukkan materi-materi dahsyat dengan roll tembaknya. Hal ini diimbangi dengan show yang istimewa, speed yang bagus, irama yang aduhai. Bahkan volume yang kencang nan merdu ini membuat cendet ini sekin lengkap kesempurnaannya.

Namun perlu diketahui bahwa burung marteri bagus dan panjang-panjang, nge-show dan berirama, adalah burung langka. Sebab pada dasarnya, cendet dengan materi yang panjang-panjang biasanya sulit untuk mempunyai show yang bagus karena tidak bisa anteng. Karenanya, jika ada cendet bermateri bagus dan mempunyai show yang juga bagus, tentu ini burung yang ajaib. Namun demikian, cendet seperti ini bukan berarti sulit untuk ditemukan.

Beberapa cendet yang bisa dikategorikan sebagai cendet materi istimewa misalnya Cendet Riddick milik Om Recky (Jogja) dan Cendet Darah milik Om Gunawan Santoso (Semarang). Kedua gaco ini sekalipun mempunyai tembakan yang panjang-panjang, namun masih bisa menunjukkan show dengan baik saat di lapangan. Karenanya, kedua burung ini kerap kali menjadi Cendet terbaik dalam setiap even.

Simak video Cendet Riddick berikut.



Bandingkan dengan Cendet Darah di bawah ini.



Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa materi pada burung Cendet sebenarnya bukanlah satu-satunya barometer yang dapat menentukan berkualitas atau tidaknya seekor cendet. Materi tetaplah berada di urutan kedua setelah show atau gaya, karena materi tanpa show tetap tidak bisa diberikan poin bagus oleh juri. Namun begitu, Cendet akan menjadi sangat istimewa jika mempunyai materi bagus.

Teknik atau pakem penilaian modern seperti yang diusung oleh BnR, show tampaknya tetap menjadi prioritas. Sebab, burung dengan show bagus akan lebih bisa dinikmati daripada burung tembak lari yang hanya munting dan salto. Namun begitu, sepanjang polah Cendet tidak keterlaluan, tetap akan mendapatkan poin dalam pakem BnR ini.



4 Video Cendet Jawara yang akan Mengubah Perspektif Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment