Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, February 9, 2016

Bahaya Ulat Kandang untuk Burung Berkicau


Tipsburung.com. Ulat Kandang (UH) atau yang juga disebut sebagai Uler Balap adalah salah satu jenis Ekstra Foding (EF) yang biasa diberikan pada burung berkicau pemakan serangga.Sebagaimana Ulang Hongkong (UH), UK juga dapat menaikkan birahi dan karenanya ulat ini sering kali dipakai untuk setelan burung-burung yang hendak turun lapangan.

Pemberian UK ini kerap kali berdampingan dengan UH ataupun kroto karena hanya sebagai makanan tambahan. Karenanya, UK hanya diberikan dengan takaran yang sedikit dan juga hanya diberikan pada momen-momen tertentu.

Daripada daerah lain, Jawa Timur bagian barat adalah daerah di mana ulat kecil ini paling banyak dijumpai. Daerah-daerah tersebut seperti Madiun, Nganjuk, Kediri, Blitar, dan lain sebagainya. Kicau mania daerah tersebut banyak yang menggunakan ulat ini sebagai menu harian pada burung kesayangannya, di samping Jangkrik tentunya.

UK mengandung protein yang sangat tinggi sehingga mampu membuat birahi burung berada pada titik maksimal. UK juga rendah lemak sehingga burung tidak mudah gemuk. Namun begitu, pemberian UK yang berlebihan dan dilakukan setiap hari, dapat
menimbulkan dampak negatif pada burung. Dalam hal ini, burung akan merasa kecanduan sehingga jika dalam beberapa hari tidak diberikan UK, burung akan melempem.

Mengapa bisa demikian? Sejauh ini belum ada penelitian yang mengungkapkan misteri ini. Namun yang jelas, UK dalam pemakaian lama sangat tidak baik, apalagi jika diberikan setiap hari. Bahkan dalam beberapa kasus, burung yang terlalu sering diberikan ulat ini, bisa mengalami benjolan pada kepalanya.

Untuk itu, pemberian UK sebaiknya tidak boleh diberikan terlalu sering. Takarannya pun harus diukur sedemikian rupa. Untuk burung-burung besar seperti Murai Batu, Cucak Hijau, Kacer, dan Cendet, berilah sejumput dua jumput. Sedangkan untuk burung-burung kecil seperti Branjangan, Tledekan, Sulingan, dan burung-burung kecil lainnya, berikan satu sendok teh saja. Sedangkan untuk burung-burung yang berukuran lebih kecil seperti sogok ontong, pleci, dan lain sebagainya, berikan beberapa ekor saja.

Cara di atas dilakukan dengan tujuan supaya burung tidak mengalami kecanduan. Sebab, cara ini hanya menempatkan UK benar-benar sebagai pendongkrak dan makanan tambahan saja, bukan makanan utama sebagaimana Jangkrik.


Bahaya Ulat Kandang untuk Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment