Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, February 12, 2016

Cara Cepat Melatih Kacer Muda Hutam Makan Voer


Tipsburung.com. Dalam melatih dan mengajari kacer untuk makan voer, setiap orang mempunyai cara sendiri-sendiri. Namun  intinya, semua mempunyai tujuan yang sama, ialah mengupayakan pengevoran dilakukan supaya lebih cepat. Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara yang paling efektif dan cepat dalam mengajari kacer makan voer versi tipsburung.com.
  • Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan voer halus dan ulat (bisa ulat hongkong yang telah dipotong atau ulat kandang) atau kroto. Takaran antara voer dan EF ini harus lebih banyak EF. Misalnya, EF 75% dan voer 25%.
  • Campur kedua bahan tersebut lalu aduk sampai rata. Taburkan susuk bubuk di atas secukupnya lalu aduk kembali sampai rata. Ingat, jangan sampai terlalu banyak memberikan susu karena bisa menyebabkan burung diare.
  • Berikan pada burung dan biarkan dimakan sampai habis.

Untuk hari pertama, kemungkinan besar burung hanya akan memakan ulat atau kroto saja namun vor halus yang menempel pada EF tersebut secara tidak sengaja tetap ikut dimakan. Namun hal ini tidak menjadi masalah sebab hari pertama ini hanyalah sebagai tahap pengenalan.


Pada hari kedua, adonan ini bisa tetap disamakan dengan hari pertama. Namun untuk hari ketiga, Anda bisa menaikkan takaran voer supaya lebih banyak, misalnya 50% EF dan 50% voer. Selanjutnya, takaran voer pada setiap harinya bisa ditambah, sedangkan takaran EF dikurangi. Hal ini bertujuan untuk merangsang burung kacer supaya lebih banyak memakan voer dibandingkan EF sehingga lebih cepat ngevoer.

Untuk melihat apakah kacer muda hutan Anda sudah makan voer atau belum, Anda bisa mengecek atau melihat kotorannya. Jika kotoran burung berwarna putih, bisa dimungkinkan burung kacer Anda belum makan voer. Jika ini yang terjadi, pemberian adonan ini bisa terus dilakukan. Sebaliknya, jika pada kotoran kacer sudah terdapat warna seperti voer (entah cokelat atau hijau), kemungkinan besar kacer Anda sudah makan voer. Jika ini terjadi, biarkan adonan tersebut tetap dalam sangkar sekalipun ulat atau kroto sudah habis.

Selanjutnya, lihat perkembangannya, apakah kacer Anda masih mau makan voer yang tanpa EF tersebut atau tidak. Setelah itu, cek lagi kotorannya, seberapa banyak kotoran yang bersal dari voer dibandingkan kotoran yang berasal dari EF. Jika kotoran kacer sudah lebih banyak voer, berarti kacer Anda sudah positif makan voer. Selanjutnya ambil voer tersbut dan ganti dengan yang baru lalu letakkan pada tempat semula. Adapun pemberian EF bisa dilakukan secara terpisah.

Kacer hasil tangkapan hutan (baca: muda hutan) adalah kacer yang belum terbiasa dengan makanan voer yang disediakan manusia sebagai makanan utama pada burung pemakan serangga. Di habitatnya, kacer sebagai pemakan serangga hanya memakan ulat, belalang, dan lain sebagainya. Karenanya, untuk bisa makan voer, diperlukan latihan terlebih dahulu.


Cara Cepat Melatih Kacer Muda Hutam Makan Voer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment