Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, February 9, 2016

Cara Paling Sehat dan Aman Mencabut Ekor Burung


Tipsburung.com Kadang kala ekor hurung peliharaan Anda menjadi rusak dan sangat mengganggu penampilannya. Jika dijual, burung dengan ekor rusak seperti ini biasanya harga jualnya akan rendah. Selain itu, jika itu burung kontes, ekor dengan kerusakan yang parah, bisa didiskualifikasi oleh tim juri karena termasuk ke dalam burung cacat.

Penyebab ekor rusak bermacam-macam, bisa karena faktor giras (biasanya terjadi pada burung muda hutan), ngeruji, ciak ekor, kena kutu, barung ombyokan, dan lain sebagainya. Bulu ekor burung dalam kondisi seperti ini bisa saja dibiarkan, namun kebanyakan orang akan lebih banyak mencabut semua ekor. Alasannya, di samping untuk memperbaiki kualitas ekor, juga supaya ekor bisa tumbuh berbarengan alias rata sehingga kemungkinan rusak kembali sangat minim.

Alasan dicabutnya ekor burung bukan hanya karena rusak, burung macet mabung juga perlu dicabut. Sebab, seperti kasus yang sering terjadi, bulu bagian ekor adalah bulu yang biasanya paling sulit jatuh. Karenanya, banyak orang yang memilih untuk mencabutnya saja jika burung benar-benar sulit tuntas mabung.

Semua burung berpotensi mengalami macet mabung. Namun demikian, ada burung-burung tertentu yang biasanya paling sering mengalami macet mabung. Beberapa burung dimaksud ialah seperti Kacer, Murai Batu, dan Cedet.

Lalu sudah amankah cara Anda dalam mencabut ekor burung? Perlu diketahui, mencabut bulu ekor burung yang salah bisa membuat burung menjadi trauma, stres, dan akbhirnya menjadi macet dan ketakutan. Karenanya, mencabut bulu ekor burung harus dilakukan dengan cara yang baik dan aman supaya tidak menimbulkan masalah yang berarti pada burung.

Cara yang paling sehat dan aman untuk mencabut bulu ekor burung ialah dengan mencabutnya dalam kondisi basah. Caranya, ambil sebuah bak berukuran sedang, isi dengan air agak banyak. Selanjutnya, mandikan burung terlebih dahulu sampai benar-benar lepek. Setelah itu, burung bisa ditangkap lalu pegang dengan kuat namun jangan sampai terlalu erat. Sebab, pegangan yang terlalu erat bisa bisa menyebabkan burung menjadi sesak napas dan berisiko mati.

Langkah selanjutnya adalah celupkan bagian ekor burung sampai pantat ke dalam bak yang telah berisi air tersebut. Pastikan bagian ekor burung terendam penuh ke dalam air lalu cabut ekor satu demi satu. Setelah selesai, burung dapat dimasukkan kembali ke dalam sangkar harian untuk selanjutnya dimandikan kembali.

Cara di atas tergolong paling sehat dan aman sebab metode ini dapat meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan akibat pencabutan bulu kasar tersebut. Dan jika Anda bisa melakukannya dengan baik, burung bisa langsung kembali berbunyi, tampa mengalami stres sedikitpun.

Cara Paling Sehat dan Aman Mencabut Ekor Burung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment