Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, February 14, 2016

Cendet Anda Gagal Master? Mungkin Anda Melakukan 6 Kesalahan Ini

pemasteran cendet
Tipsburung.com. Untuk menjadi burung berkualitas, burung apapun, termasuk cendet, harus dimaster, baik menggunakan burung master maupu master audio. Hal ini bertujuan supaya cendet bisa menirukan suara burung lain dengan baik. Sebab pada era sekarang ini, materi menjadi salah satu barometer seokor cendet berkualitas atau tidaknya.

Cendet berkualitas bukan hanya masalah speed yang rapat dan porwer yang tembus plus merdu. Cendet berkualitas adalah cendet yang juga mampu membawakan lagu dengan baik, baik terkait dengan irama lagu maupun materi. Irama lagu yang baik adalah di mana materi dibawakan dengan intonasi yang halus. Sedangkan lagu yang bagus adalah materi yang dibawakan dengan sempurna dan panjang-panjang.

Untuk mendapatkan kualitas seperti ini tentu saja tidak mudah. Burung cendet yang dibiarkan dan tidak dimaster, tentu saja tidak akan bisa mendapatkan kualitas materi yang bagus dan panjang. Karenanya, pemasteran untuk burung cendet ini sangat penting karena bisa menentukan bagus dan tidaknya lagu dan materi yang kelak akan dimiliki.

Dalam praktinya, pemasteran burung kadang kala mengalami kegagalan. Dalam hal ini, meskipun burung cendet sudah dimaster sejak trotol dan bahkan anakan, tidak bisa menirukan masteran dengan baik. Bahkan kadang kala burung terkesan menjadi sangat “bodoh” karena ada banyak materi yang tidak bisa ditirukan.

Hal di atas tentu saja membingungkan dan mengecewakan para pencetak. Sebab, usaha yang dilakukan selama ini dalam merawat dan memaster burung cendet anakan seakan tidak membuahkan hasil yang baik dan nyaris sia-sia. Burung menjadi gagal master sehingga mempunyai nilai jual yang rendah dan tidak layak dijadika sebagai burung kontes.

Bukan hanya itu masalahnya, burung cendet gagal master mungkin saja tidak akan laku dijual kecuali Anda menjualnya kae pasar dengan harga rendah. Sebab sebagaimana diketahui, burung pasar identik dengan burung sortiran dan sangat murah harganya.

Lalu apa penyebab cendet gagal master padahal Anda sudah memasternya sejak kecil, bahkan sejak bulunya belum tumbuh? Ada banyak sekali penyebabnya, namun demikian, setidaknya ada 6 hal sebagai berikut.

Pemasteran kurang intensif 

Pemasteran yang dilakukan hanya berdasarkan kesempatan, sangat mungkin untuk mengalami kegagalan. Ketika Anda sempat, Anda akan memasternya. Namun jika sedang sibuk, Anda akan membiarkannya sepanjang waktu. Ini suatu hal yang keliru sebab pada dasarnya pemasteran harus dilakukan secara intensif, setidaknya untuk burung-burung trotol.

Perlu diketahui bahwa dalam memater burung apapun, termasuk cendet, harus dilakukan secara intensif. Hal ini bertujuan supaya cendet bisa lebih cepat menangkap masteran yang Anda berikan, baik menggunakan mp3 maupun burung master.

Intensif di sini maksudnya adalah pemasteran dilakukan seintens mungkin. Untuk pemasteran menggunakan mp3, pemasteran bisa dilakukan non-stop selama 24 jam. Sekalipun burung dijemur atau diangin-anginkan, burung juga tetap harus diperdengarkan suara masteran. Hal ini memungkinkan burung lebih maksimal dalam merekam suara masteran.

Jika Anda menggunakan master burung asli, burung master harus ditempelkan terus sepanjang waktu. Karenanya, jangan hanya sesekali saja memperdengarkan dan mendekatkan burung master pada burung termaster (cendet). Sebab, meskipun burung cendet termasuk burung yang sangat cerdas, jika hanya beberapa kali mendengar suara burung master, tentu sangat sulit baginya untuk bisa merekam dan menirukannya.



saat jemurpun, cendet trotol perlu diperdengarkan suara masteran

Dari itu dapat dikatakan bahwa saat Anda menggunakan master burung asli, sebisa mungkin Anda harus mendekatkan burung master tersebut pada cendet Anda. Jika burung master mempunyai kualitas suara yang sangat bagus, bisa dimungkinkan suara burung master ini menjadi lagu tonjolan bagi cendet Anda.

Anda tidak memberikan lingkungan dan ruangan yang kondusif

 Lingkungan menjadi salah satu yang ikut menentukan berhasil dan tidaknya pemasteran yang Anda lakukan. Lingkungan yang ramai dan kurang kondusif, sangat mungkin cendet tidak akan bisa merekam suara masteran dengan baik. Cendet tidak bisa menyimak apalagi menirukan masteran yang didengarnya. Karenanya, cendet bisa menjadi gagal master karena tidak bisa menirukan masteran.

Fungsi ruangan dan lingkungan untuk pemasteran burung cendet sangat vital. Karenanya, sebelum Anda melakukan pemasteran, rencanakan terlebih dahulu tempat yang akan digunakan. Pilihlah tempat yang aman dan nyaman supaya cendet bisa menyimak dan merekam suara masteran dengan baik. Pilih pula lingkungan yang kondusif, jauh dari hiruk-pikuk.

Jika memungkinkan, Anda harus memilih satu ruangan khusus sebagai ruang pemasteran. Dan ingat, dalam memilih ruangan, pilihlah tempat yang paling jauh dari kegaduhan, baik dari suara TV, celoteh anak, maupun suara kendaraan (jika rumah Anda dekat jalan). Tutup pula semua celah ruangan sampai rapat supaya suara-suara “liar” yang mungkin sesekali bisa datang tidak sampai mengganggu konsentrasi cendet.

Volume MP3 terlalu besar
Volume Mp3 terlalu kencang atau besar, juga bisa menyebabkan cendet tidak bisa merekam suara masteran. Sebab, suara tersebut bisa menjadi sangat bising di telinga cendet sehingga sangat mengganggu. Bahkan hal ini juga bisa membuat cendet Anda menjadi stres sehingga tidak bisa mereka suara master.

Jika Anda menggunakan master MP3, jangan asal putar, namun Anda harus tahu prinsipnya. Hal pertama yang harus Anda ketahui, volume Mp3 tidak boleh terlalu besar dan juga terlalu kecil. Buatlah volume Mp3 sedang-sedang saja, yang penting suara master terdengar dengan jelas.

Burung master terlalu dekat

Hal lain yang membuat cendet tidak bisa menirukan suara master adalah masalah jarak. Mp3 yang terlalu dekat dengan burung cendet bisa membuat cendet merasa terganggu. Begitu juga dengan jarak yang terlalu jauh, bisa saja cendet tidak bisa mendengarnya dengan cukup jelas. Kedua hal ini sama-sama bisa membuat cendet sangat sulit menirukannya.

Hal di atas juga berlaku dengan pemasteran dengan metode menggunakan burung asli. Burung master yang diletakkan terlalu dekat, apalagi burung-burung yang mempunyai suara sangat keras, seperti halnya Cililin, bisa membuat cendet menjadi drop. Sebab tembakan yang menghentak dan panjang seperti itu, berisiko membuat cendet menjadi kaget. Karenanya, aturlah jarak sedemikan rupa agar pemasteran yang Anda lakukan bisa berhasil.

Terdapat burung sejenis dengan kualitas materi kurang bagus 

Apakah Anda di rumah mempunyai burung Cendet yang sudah dewasa? Jika iya, pemasteran yang akan Anda lakukan akan percuma. Karenanya, jangan lakukan itu, apalagi jika burung cendet tersebut mempunyai materi yang kurang bagus.

Burung cendet memang burung yang cerdas. Pemasteran menggunakan Mp3 saja, sekalipun bukan dari suara burung, bisa ditiru. Namun itu semua bisa terjadi hanya jika dalam lingkungannya tidak ada burung sejenis. Jika tidak, pemasteran model apapun dari Mp3, tidak akan berhasil.

Lalu bagaimana hal ini bisa terjadi? Perlu diketahui, alasan mengapa burung sejenis yang lebih tua sangat mengganggu ialah karena burung cendet muda akan lebih memilih menirukan suara cendet tua daripada suara masteran, baik burung asli maupun Mp3. Hal ini disebabkan karena suara cendet yang lebih tua lebih mudah ditiru daripada suara burung lain, apalagi suara yang bersal dari Mp3.

Untuk itu, sebelum Anda melakukan pemasteran, pastikan tidak ada burung sejenis yang lebih tua di rumah Anda, apalagi jika burung tersebut mempunyai materi yang kurang bagus. Namun demikian, jika Anda memang hendak menjadikan burung cendet tua ini sebagai burung master, tentu ini akan jauh lebih baik. Tetapi pastikan, burung cendet yang Anda pilih harus benar-benar bagus dari segi materi agar bisa melahirkan cendet-cendet muda dengan materi berkualitas.

Masteran salah sasaran 

Hal terarkhir yang membuat cendet gagal master adalah masteran yang Anda berikan salah sasaran. Burung cendet tipe roll sepeed adalah burung yang hanya bisa dimaster dengan materi-materi suara burung yang ngerol seperti Kenari, Sogok Ontong, Gereja, dan lain sebagainya.

Jika Anda memberikan masteran suara-suara tembakan dengan durasi yang panjang seperti Love Bird, Tengkek Buto, Cililin, dan lain-lain, sangat mungkin ini tidak akan bisa direkam dengan baik. Bahkan ini bisa menyebabkan Cendet mempunyai isian yang patah-patah karena tidak bisa ditiru dengan baik.

Jika Anda terpaksa ingin memberikan masteran suara tembakan ini, editlah terlebih dahulu Mp3 yang Anda miliki. Buatlah suara supaya lebih pendek sehingga bisa ditiru dengan baik oleh cendet. Atur supaya nadanya bagus sehingga tidak terkesan patah-patah.

Sedangkan burung tipe roll tembak adalah cendet yang bisa dimaster dengan suara tembakan model apapun. Anda bisa memasukkan materi Love Bird, Cililin, Tengkek Buto, Kuntilanak, Gabusan, dan lain sebagainya ke dalam daftar Mp3 Anda. Minimkan suara burung-burung bersuara ngerol agar materi tembakannya lebih maksimal. Namun suara materi roll tetap harus ada sebab ini pun juga sangat penting sebagai lago rollnya.

Demikian 6 masalah yang harus Anda ketahui yang dapat membuat cendet gagal master. Semoga bermanfaat.


Cendet Anda Gagal Master? Mungkin Anda Melakukan 6 Kesalahan Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

kicau senja said...

Pakan pengganti jangkrik untuk cendet. Klik link di bawah ini untuk infonya

Pakan pengganti jangkrik untuk cendet

Post a Comment