Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, February 11, 2016

Ciri-ciri Trotolan Cendet Calon Roll Speed


Tipsburung.com. Ada dua tipe suara atau lagu pada burung berkicau, termasuk Cendet, roll sepeed dan roll tembak. Burung Cendet tipikal roll speed adalah di mana burung mampu membawakan lagu dengan kecepatan yang sangat rapat sehingga antara lagu satu dengan lagu lainnya nyaris tanpa jeda. Materi yang dibawakan kebanyakan tidak panjang namun sambung-menyambung karena dibawakan dengan gaya ngerol dengan intonasi yang sangat baik.

Burung tipikal seperti ini banyak diminati oleh cendet mania karena biasanya tidak banyak polah. Meskipun materi biasanya cenderung biasa, namun cendet tipikal roll speed, apalagi dengan irama yang ciamik, sering mendapat nominasi dalam sebuah even. Hal ini disebabkan karena pakem penjurian pada even burung berkicau saat ini masih menitikberatkan pada gaya burung yang anteng, di samping durasi dan lagu tentunya.

Burung tipikal seperti ini mudah dikenali dengan pembawaan lagunya yang rapat dan ngerol. Namun untuk burung Cendet yang masih muda atau trotol, sangat mungkin akan sulit untuk menilai apalagi membedakannya. Sebab, pada saat trotol, burung cendet belum bisa berbunyi apalagi membawakan lagu layaknya Cendet dewasa sehingga sulit untuk ditebak.

Lalu bagaimana cara mengetahui dan memastikan Cendet tipikal roll speed saat masih trotol dan bahkan mungkin masih anakan? Sebenarnya, tipe burung Cendet seperti ini sangat mudah dikenali karena bakat terpendam ini ditunjukkan oleh kondisi posturnya. Pada cendet yang masih anakan (katakanlah masih bayi dan diloloh), Cendet calon roll speed biasanya pangkal paruh besar dan lebar namun paruh secara keseluruhan pendek. Dan karena pada usia ini masih sangat sulit dibedakan, Anda bisa membandingkannya dengan cendet lain yang seusia.

Ketika memasuki usia trotol, paruh burung Cendet calon roll speed ini akan membesar (baca: bulat), sementara ukuran lebar pangkal paruh mulai menyusut karena paruh sudah mengalami pengerasan dan berubah bentuk sebagaimana paruh Cendet dewasa. Adapun jika dilihat secara keseluruhan, paruh Cendet akan tetap sama benbentuk pendek namun lebih besar menyerupai paruh elang sehingga terlihat lebih sangar.

Ketika dewasa, bentuk paruh cendet trotol ini akan lebih sempurna lagi. Bentuk paruh menjadi besar, pangkal lebar, dan bentuk secara keseluruhan pendek. Burung tipe seperti ini biasanya memiliki power besar dan lantang. Dan ketika membawakan lagu, biasanya akan sangat ciamik. Namun demikian, semua ini sangat bergantung terhadap cara Anda dalam memaster Cendet tersebut.


Ciri-ciri Trotolan Cendet Calon Roll Speed Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment