Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, February 11, 2016

Ciri-ciri Trotolan Cendet Calon Roll Tembak


Tipsburung.com. Cendet tipe roll tembak adalah burung yang mampu membawakan lagu dengan sempurna. Jika dimasteri dengan materi-materi tembakan (seperti Gereja yang dibawakan nembak, Love Bird, Cililin, Tengkek Buto, Kuntilanak, Gabusan, dll) dan rol (Greja ngerol, Sogok Ontong, Kolibri, dll) burung biasanya akan mampu merekamnya dengan baik.

Suara masteran tembakan yang direkam biasanya nyaris sempurna sehingga akan sama persis dengan suara aslinya. Burung tipe ini biasanya akan menawan karena mempunyai materi yang panjang-panjang, apalagi diimbangi dengan lagu rol yang bagus. Namun risikonya, burung tipikal seperti ini kebanyakan polah sehingga diperlukan keahlian dan ketelatenan yang ekstra untuk bisa menampilkannya di lapangan. Tetapi jika Anda menemukan burung tipe ini tampil sopan saat bernyanyi di lapangan, tentu ini adalah sebuah keberuntungan bagi Anda.

Burung rol tembak biasanya akan mempunyai power yang bagus, bahkan bisa di atas rata-rata. Hal ini disebabkan karena burung tipe ini mempunyai kesempatan yang banyak dalam mengambil napas ketika dia polah dan munting.

Saat ini, tipe Cendet roll tembak seperti ini sangat dicari oleh Cendet mania sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi daripada Cendet roll speed (baca kembali Ciri-ciri Trotolan Cendet Calon Roll Speed). Hal ini di samping karena memang lebih indah jika didengarkan, penilaian lomba modern, khususnya pakem yang diusung oleh BnR yang sudah mulai masuk ke seluruh kota di pulau Jawa, menitikberatkan pada materi yang aduhai.

Untuk burung Cendet yang sudah dewasa, Cendet tipe roll tembak ini bisa dikenali langsung lewat materinya yang biasanya panjang-panjang dan sesekali ngerol dengan ciamik. Namun jika masih trotol atau bahkan piyik, Cendet tipe ini biasanya akan sangat susah dibedakan. Namun demikian, setidaknya ada beberapa hal yang menandai Cendet calon tipe roll tembak sebagaimana berikut.
  • Saat masih piyik, Cendet calon roll tembak bentuk paruh biasanya panjang dan lebih kecil daripada Cendet roll speed. Pangkal paruh tidak terlalu lebar namun jika Anda menemukan ukuran yang mirip dengan ukuran Cendet roll speed, burung ini kelak biasanya akan mempunyai power yang lebih bagus.
  • Ketika sudah dewasa (atau setidaknya sudah memasuki usia trotol dan proses ganti bulu dewasa), bentuk paruh akan terlihat panjang dengan pangkal lebih kecil daripada Cendet roll speed. Paruh bawah berbentuk lurus sehingga bentuk paruh ini sangat sempurna.
  • Badan Cendet tipe roll tembak biasanya mempunyai ukuran tubuh yang tidak terlalu besar (baca: ukuran sedang) atau bahkan kecil namun tubuh secara keseluruhan panjang.
  • Leher juga panjang, dengan ukuran yang berbeda-beda; ada yang besar dan ada pula yang kecil.
Lalu pertanyaannya, mengapa ada Cendet dengan ciri di atas tetapi kok tidak bisa membawakan materi dengan panjang? Ini masalah pemasteran. Jika Anda melakukan pemasteran dengan baik (mulai dari pemilihan materi, kondisi lingkungan, dan lain sebagainya), maka bisa dipastikan burung akan tumbuh menjadi dewasa sesuai bakatnya. Sebaliknya, jika Cendet tersebut tidak dimaster dengan baik, besar kemungkinan bakat alamiahnya ini akan hilang sehingga materi yang dibawakannya cenderung akan seperti Cendet roll speed.

Demikian ciri Cendet trotol calon tipe roll tembak. Semoga bermanfaat.

Ciri-ciri Trotolan Cendet Calon Roll Tembak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment