Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, February 3, 2016

Daun Mengkudu Obat Mujarab untuk Burung Serak


Serak pada burung berkicau kerap kali terjadi tanpa sebab yang jelas. Burung yang awalnya sehat dan tidak mengalami gangguan apapun, tiba-tiba suaranya mengecil dan seperti hampir habis. Dan ini merupakan sebuah gangguan kesehatan yang harus diobati dengan segera supaya suara burung tetap lantang.

Suara serak pada burung tentu saja akan membuat penampilan burung menjadi kurang maksimal sebab suara burung menjadi tidak bagus. Bahkan jika diikutkan lomba, suara burung menjadi kurang terdengar sehingga bisa mengurangi penilaian di lapangan. Karenanya, serak pada burung harus segera diatasi, utamanya pada burung kontes, supaya bisa tampil optimal kembali.

Daun mengkudu adalah jenis daun yang biasa diberikan pada burung kenari untuk membantu meningkatkan kualitas suara. Dengan pemberian daun ini secara rutin, bisa dimungkinkan suara kenari menjadi lebih bening dan lantang. Untuk kenari bakalan, suara menjadi lebih cepat mecah.

Manfaat daun mengkudu untuk burung berkicau tidak hanya sebatas itu. Rebusan daun mengkudu muda bisa dimanfaatkan untuk mengatasi burung serak. Hal ini disebabkan karena daun ini mengandung senyawa kimia yang dapat membantu menyembuhkan gangguan serak pada burung.

Adapun cara melakukan pengobatan serak pada burung berkicau dengan daun mengkudu ini ialah ambil daun mengkudu muda secukupnya. Selanjutnya, cuci daun terlebih dahulu lalu rebus dalam panci. Tunggu hingga air tersisa setengah panci lalu saring dan dinginkan. Setelah dingin, berikan pada burung yang serak. Air rebusan ini sebagai pengganti air putih sebagai air minumnya.

Supaya awet, Anda bisa menyimpannya dalam lemari es. Namun demikian, sebelum Anda memberikannya pada burung, pastikan air rebusan daun mengkudu tersebut tidak dalam kondisi dingin sebab hal ini berpotensi menyebabkan serak sehingga serak pada burung tidak kunjung sembuh. Karenanya, sebelum diberikan, tuangkan terlebih dahulu ke dalam cepuk lalu biarkan beberapa saat hingga kondisi suhu menjadi normal. Setelah itu, baru bisa diberikan pada burung.

Mengenai berapa lama penggunaan ramuan ini, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi burung. Selama serak belum sembuh, selama itu Anda bisa memberikan rebusan air daun mengkudu ini.



Daun Mengkudu Obat Mujarab untuk Burung Serak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment