Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, February 5, 2016

Suara Air Mengalir Rangsang Burung Drop dan Stres Cepat Berbunyi


Tipsburung.com. Sebagaimana manusia, burung juga bisa mengalami drop dan bahkan stres yang membuat burung menjadi membisu dan kurang aktif atau bahkan bisa menjadi super aktif. Kondisi burung seperti ini harus mendapatkan penanganan yang serius, jika tidak burung akan menjadi lesu dan berujung pada kematian. Di samping itu, burung juga berpotensi menjadi sangat giras dan gelagaban sehingga tidak bisa Anda nikmati sebagai burung ocehan. Jika ini dibiarkan dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin burung ini bisa rusak permanen.

Burung drop dan stres bisa disebabkan banyak hal seperti, seperti diterkam hewan buas seperti tikus dan kucing, sangkar terjatuh, perlakuan kasar dari sang perawat/empunya, perjalanan jauh, dan lain sebagainya. Dalam beberapa kasus, semua penyebab di atas bisa saja tidak menimbulkan efek yang berarti, entah karena mental yang bagus atau proses kejadiannya yang tidak terlalu ekstrem. Namun begitu, untuk burung-burung dengam mental setengah tiang  atau kasus-kasus yang sangat ekstrem, hal tersebut bisa menjadi masalah besar. Burung bisa menjadi drop dan stres sehingga tidak akan bisa berkicau.

Untuk burung bermental bagus, kondisi drop dan stres bisa saja akan sembuh dengan pemberian kroto dan karantina. Namun untuk burung-burung tertentu, harus disertai dengan berbagai terapi. Salah satu terapi yang paling efektif adalah dengan terapi suara air. Terapi ini sangat manjur dalam memulihkan kondisi psikologis burung dan merangsang burung untuk segera berkicau kembali. Hal ini disebabkan suara air tersebut memberikan efek psikologis tersendiri yang dapat menenangkan pikiran.

Bagaimana caranya? Anda bisa mendowload suara air mengalir baik sungai maupun air terjun dalam format MP3 ataupun video. Selanjutnya, putar hasil file tersebut menggunakan media elektronik dengan volume yang standar, tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu kecil. Lakukan ini setiap hari sepanjang burung drop atau stres. Jangan lupa untuk memberikan jeda pada suara air tersebut kurang lebih satu menit.

Cara lainnya adalah membuat suara air secara alami. Caranya adalah dengan memanfaatkan aquarium yang lengkap dengan pompa dan filternya. Setelah aquarium diisi air, letakkan filter dan nyalakan pompa. Biarkan air mengalir sepanjang hari. Yang perlu diingat, usahakan air yang keluar dari filter supaya menimbulkan suara dengan cara-cara tertentu yang menurut Anda paling mudah, misalnya air tidak terlalu penuh.

Suara air dalam aquarium ini mempunyai efek yang sama dengan hasil rekaman di atas. Karenanya, cara ini juga perlu dicoba. Dan sepanjang burung Anda belum sembuh, Anda sangat dianjurkan untuk tidak mematikan filter tersebut.

Demikian terapi paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi burung-burung yang sedang drop atau stres. Semoga bermanfaat!!!

Suara Air Mengalir Rangsang Burung Drop dan Stres Cepat Berbunyi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment