Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, February 12, 2016

Waktu yang Tepat Memaster Cendet


Tipsburung.com. Memaster Cendet susah-susah gampang. Disebut mudah karena dalam beberapa kasus, pemasteran yang konon dilakukan dengan asal, kadang kala bisa melahirkan cendet dengan materi di luar dugaan. Namun sebaliknya, pemasteran yang dilakukan dengan intensif kadang kala malah tidak bisa membuahkan hasil sebagaimana diharapkan.

Burung cendet termasuk ke dalam salah satu burung yang mempunyai kepekaan dan kecerdasan di atas rata-rata. Karenanya, pemasteran yang dilakukan dengan baik, bisa membuahkan hasil yang maksimal. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda harus bisa menyesuaikan karakter materi isian dengan karakter cendet yang akan dimaster. Selain itu, perhatikan pula lingkungan cendet, pastikan jauh dari kegaduhan sehingga cendet yang hendak dimaster meras nyaman dan tenang sehingga masteran bisa dengan mudah direkam.

Disamping kedua hal di atas, keberhasilan pemasteran pada burung cendet juga sangat ditentukan oleh waktu. Sebab pada dasarnya, kerja maksimal otak burung itu tidak selalu sama setiap jamnya. Selain itu, setiap individu burung juga mempunyai kecerdasan yang berbeda, sesuai umurnya. Karenanya, untuk memaksimalkan pemasteran, Anda perlu mengetahui kapan waktu yang tepat dan terbaik untuk pemasteran cendet.

Nah, untuk memetakan waktu pemasteran, setidaknya cendet harus diklasifikasikan berdasarkan umurnya sebagaimana berikut.

Cendet piyik dan trotolan
Untuk cendet yang masih berupa piyikan dan trotol, pemasteran dengan menggunakan audio atau mp3 akan sangat efektif jika dilakukan non stiop selama 24 jam. Hal ini disebabkan karena pada umur tersebut, kecerdasan burung cendet berada dalam masa emas sehingga sangat dianjurkan untuk memberikan full master.

Saat dijemur dan mandipun, sangat disarankan untuk tetap diperdengarkan suara master. Di samping supaya pemasteran lebih maksimal, juga bertujuan supaya burung tidak mendengar suara-suara lain (yang kurang penting) sehingga isiannya kelak bisa full master.

Untuk menghilangkan kesumpekan burung yang kadang berujung pada stres sehingga bisa gagal master, Anda bisa memberikan jeda pada setiap 10 menit. Mengenai berapa lama durasi jeda ini, Anda bisa memilih antara 1—3 menit.

Jika Anda menggunakan burung asli, pemasteran bisa dilakukan tanpa waktu alias bisa berlangsung selama seharian full. Karenanya, baik pada saat burung dikerodong dan diistirahatkan maupun dijemur, sangat dianjurkan untuk ditempel burung master tersebut. Namun ingat, jarak dan penempatan antara burung termaster dengan burung master harus diatur sedemikian rupa agar tidak terlalu dekat atau terlalu jauh. Penempatan yang terlalu dekat bisa membuat burung yang dimaster menjadi kurang nyaman sehingga masteran bisa saja tidak bisa masuk.

Cendet dewasa
Cendet dewasa di sini bisa berarti cendet yang sudah lepas trotol dan cendet mapan. Pemasteran pada cendet dewasa ini berbeda dengan cendet piyik maupun trotol di atas. Pada usia ini, kecerdasan cendet sudan berkurang dan karenanya pemasteran harus dilakukan sesuai dengan kerja otak burung supaya pemasteran yang dilakukan lebih maksimal.

Untuk pemasteran menggunakan audio atau mp3, pemasteran sebaiknya dilakukan pada saat burung sedang istirahat. Hal ini disebabkan karena pada saat itu burung sedang dalam kondisi tenang. Pada saat itulah kerja otak lebih optimal sehingga lebih bisa menerima dan merekam masteran dengan baik.

Adapun waktu istirahat burung biasanya pada pagi atau siang hari setelah burung dijemur. Pada saat itu, biasanya burung akan langsung dikerodong dan dimasukkan ke dalam rumah. Nah, pada saat itulah burung boleh dimaster dengan menggunakan mp3 sampai sore hari. Selain itu, malam hari adalah jam istirahat yang sangat panjang bagi burung. Karenanya, pada malam hari, pemasteran juga harus dilakukan sampai pagi hari.

Sedangkan jika menggunakan master burung asli, pemasteran dapat dilakukan dengan cara pemasteran cendet trotol di atas. Dalam hal ini, burung selalu ditempel dengan burung master, terutama saat siang hari. Tidak hanya saat di dalam ruangan, penempelan burung master juga dapat dilakukan saat burung sedang dijemur.




Waktu yang Tepat Memaster Cendet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment