Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, March 30, 2016

Cara Mengatasi Kenari Over Birahi dengan Cepat


Tipsburung.com- Khusus Kenari lomba, diharuskan untuk selalu mempunyai level birahi yang sangat baik, utamanya ketika lomba. Sebab, ketika Kenari mempunyai birahi yang rendah, burung tidak akan bisa tampil maksimal di arena lomba. Ia akan tampil tidak ngotot sehingga akan lebih banyak ngetem.

Adapun untuk Kenari yang tampil dengan birahi berlebih, juga tidak akan bisa tampil dengan baik. Burung dengan level birahi seperti ini biasanya akan banyak perilaku-perilaku aneh. Beberapa di antaranya ialah seperti ngejar juri, naik turun pangkringan, ngeruji, dan beberapa perilaku negatif lainnya yang bisa mengurangi penilaian.

Karenanya, level birahi burung Kenari sejatinya harus pas dan stabil supaya bisa bekerja dengan baik di lapangan. Burung Kenari dengan level birahi yang baik, juga bisa mengeluarkan semua kemampuannya dengan maksimal sehingga akan tampak burung tampil lebih baik

Lalu bagaimana dengan burung Kenari yang sudah terlanjur over birahi? Untuk burung-burung seperti ini, setidaknya ada beberapa hal yang mesti dilakukan sebagaimana berikut.

Ganti sayuran dengn mentimun
Jika pada hari-hari biasa Anda memvariasikan sayuran, mulai saat ini Anda harus memberikan mentimun lebih sering. Sebab, mentimun ini sangat ampuh dalam menurunkan level birahi burung. Karenanya, selama burung birahi, fokuskan pada pemberian mentimun.

Kurangi penjemuran
Jika pada hari-hari sebelumnya Anda menjemur Kenari sampai jam 10 atau 11, maka mulai saat ini ANda harus mengaturnya sedemikian rupa supaya tidak terlalu lama. Bahkan jika perlu, Anda sangat dianjurkan untuk tidak  menjemurnya setiap hari. Sebab sinar matahari ini dapat mendongkrak birahi pada burung.

Lebih banyak mandi
Menambah frekuensi mandi pada kenari juga bisa membantu menurunkan birahi burung. Maka dalam konteks ini, Anda bisa memandikan burung lebih sering, misalnya dua kali sehari.

Stop pemberian neger
Ada banyak pemain yang memberikan biji neger pada kenarinya dengan tujuan supaya bisa menaikkan level birahi. Namun pada kasus Kenari over birhi ini, sebaiknya pemberian neger distop terlevbih dahulu supaya upaya penurunn birahi yang Anda lakukan lebih maksimal.

Stop pemberian telur
Pemberian telur juga harus distop untuk sementara waktu. Sebab terlur, bik berupa telur puyuh maupun ayam, bisa meningkatkan birahi.

Stop pemberian kroto
Jika Anda sering memberikan kroto, juga ada baiknya distop terlebih dahulu. Sebab kroto bersifat panas karena banyak mengandung protein. Pemberian dapat dilakukan kembali setelah kenari benar-benar sudah sembuh dari OB.






Cara Mengatasi Kenari Over Birahi dengan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment