Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, March 30, 2016

Kenari Anda Gemuk? Cobalah dengan 6 Cara Ini



Seperti burung pada umumnya, Kenari kerap kali mengalami kegemukan yang terjadi tanpa disadari oleh si empunya. Karenanya, burung yang semula gacor dan aktraktif ketika berkicau, mendadak semakin hari bertambah lesu. Sang empunya tidak mengerti terhadap apa sebenarnya yang terjadi pada burungnya. Namun ketika dipegang dan dicek kondisi dadanya, ternyata kenari mengalami kegemukan.

Kegemukan pada burung apapun tidak baik, begitu juga dengan burung Kenari. Karena, selain akan membuat burung menjadi lesu (pada burung kenari kontes), juga akan menghambat produktivitasnya (pada burung kenari ternak). Karenanya, hal ini perlu diperhatikan dan harus mendapatkan perawatan yang intensif.

Kegemukan pada kenari salah satunya yang paling sering terjadi ialah karena faktor kebanyakan makan telur dan jarang bergerak. Telur yang kaya akan protein dan lemak, membuat Kenari yang terlalu sering diberikan telur menjadi lebih cepat gemuk. Apalagi Kenari tersebut hidup di dalam sangkar yang berukuran kecil.

Untuk itu, Kenari Anda yang kegemukan ini harus diatasi dengan segera supaya bisa berkicau kembali dengan maksimal. Bahkan untuk burung ternak, Kenari Anda bisa lebih cepat berproduksi. Sebab lemak berlebih dalam tubuh kenari ini memang sangat mengganggu.

Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan jika Anda mempunyai kenari kegemukan sebagaimana berikut.

Umbarlah setiap hari
Dengan kandang umbaran ini, kenari akan lebih banyak bergerak dan ini akan membakar lemak dan kalori sehingga berat badan kenari menurun dengan lebih cepat. Pengumbaran bisa dilakukan selama 2 jam sampai setengah hari. Mengenai waktunya, tidak ada jam khusus.

Jemur setiap hari
Penjemuran hakikatnya hampir mirip dengan umbaran. Sebab dengan dijemur, burung bisa lebih singset karena selama proses penjemuran terjadi pembakaran pada kalori dan lemak. Karenanya, selama masa terapi ini, Kenari harus dijemur lebih lama dari biasanya.

Stop pemberian telur
Jika Anda selama ini memberikan telur setiap hari, mulai sekarang mulai dikurangi dan atur sedemikian rupa. Bahkan jika perlu, pemberian telur ini distop dulu untuk sementara waktu sampai lemak kenari menyusut.

Berikan sayur
Setelah menyetop  telur, Anda harus memberikan sayuran secara variatif setiap hari. Sebab sayur ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, utamanya dalam menurunkan lemak dalam tubuh Kenari.

Batasi pemberian kenari seed
Sebagaimana diketahui bahwa makanan utama Kenari adalah biji-bijian seperti kenari seed. Namun begitu, kenari seed ini bis menyebabkan burung Kenari kegemukan. Karenanya, jika Kenari Anda mengalami kegemukan, pemberian kenari seed harus diatur.

Berikan mentimun
Konon buah ini sangat penting bagi Kenari yang mengalami obesitas. Karenanya, Anda juga perlu mencoba memberikan buah mentimun ini jika Kenari Anda mengalami obesitas.





Kenari Anda Gemuk? Cobalah dengan 6 Cara Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment