Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 4, 2016

10 Tips Jitu Perawatan Kacer Agar Cepat Gacor


Tipsburung.com - Kacer adalah burung yang sangat eksotis karena mampu menampilkan gaya tarung yang sangat unik. Gaya ini disebut sebagai gaya ngobra karena perilakuknya mirip dengan perilaku ular kobra, di mana saya burung mekar, ekor mekar seperti kipas, dan kepalanya dangak ke atas. Bahkan dalam beberapa kasus ada kepala kacer yang sampai doyong ke belakang.

Atas gaya yang unik inilah kacer mendapatkan tempat tersendiri di hati kicaumania, khususnya kacermania. Burung ini sangat populer sehingga di berbagai daerahk, khususnya blok tengah dan barat hingga Sumatera, kacer sangat ramai.

Tidak hanya untuk burung kontes, kacer juga dipelihara sebagai burung klangenan atau rumahan yang dapat dijadikan teman saat melepas lelah setelah pulang kerja. Karenanya, kacer sangat digemari oleh semua kalangan. Namun begitu, tidak semua orang kadang bisa merawat kacer dengan baik. Buktinya, sekalipun saat membeli burung dalam kondisi gacor, saat pindah tangan malah jadi melempem.

Untuk itu, jika Anda mempunyai kacer yang melempem dan kurang bergairah dalam berkicau, sebaiknya Anda perlu mencoba beberapa tips berikut supaya kacer Anda cepat gacor.

Jenis kelamin jantan
Pertama-tama pastikan jenis kelamin kacer yang Anda pelihara adalah jantan. Sebab, hanya kacer jantanlah yang mampu berkicau dan membawakan lagu dengan sangat baik. Kacer jantan ditandai dengan warna bulu yang sangat kontras sedangkan kacer betina berwarna abu-abu.

Berikan rawatan dengan tepat
Perawatan kacer yang tepat adalah perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemauan kacer. Karenanya, tidak ada pakem perawatan yang paling baik dalam merawat kacer sebab semua kacer mempunyai karakter dan kemauan yang berbeda-beda. Untuk itu, pahami karakter dan kondisi kacer Anda supaya Anda bisa dengan mmudah memberikan perawatan terbaik.

Berikan vor tinggi protein
Protein pada burung akcer yang melempem sangat penting karena dapat mendongkrak birahi burung supaya cepat gacor. Karenanya, pilihlah vor dengan kandungan protein yang tinggi. Adapun kandungan protein pada voer yang beredar di pasaran saat ini ialah 14―23%.

Berikan kroto dan ekstra foding lainnya
Kroto adalah makanan terenak bagi hampir semua burung, termasuk burung Kacer Anda. Selain enak, kroto juga menjadi sumber nutrisi dan protein penting bagi Kacer, utamanya untuk Kacer yang melempem. Karenanya, berikan kroto paling tidak dua kali dalam seminggu. Selain itu, jangkrik adalah makanan yang mutlak Anda berikan setiap hari, setidaknya dua kali sehari, pagi dan sore. Berikan jangkrik 3―5 pagi dan sore. Dengan asupan jangkrik yang cukup, Kacer Anda akan dipastikan bisa cepat gacor.

Jaga kebersihan sangkar
Sangkar paling ideal untuk kacer adalah panjang dan lebar ukuran 40x40. Sementara tingginya bisa menyesuaikan. Selain itu, membersihkan kandang setiap ahri memungkinkan Kacer akan lebih nyaman dalam sangkar sehingga akan lebih cepat agcor. Karenanya, bersihkan sangkar Kacer  Anda stiap pagi dan sore. Tidak lupa pula, bersihkan cepuk air minum setiap hari untuk menghindari terjadinya hal-hal yang kurang diinginkan.

Ganti vor setiap hari
Tidak hanya air minum, voer pun harus diganti setiap hari. Hal ini bertujuan supaya burung merasa lebih nyaman dengan makanannya karena selalu baru setiap hari. Ini juga bisa meningkatkan napsu makan burung sehingga bisa mempunyai tenaga lebih sehingga bisa lebih cepat berbunyi dan gacor.

Buat burung mandi dan jemur nyaman
Sebenarnya, kenyamanan burung adalah kunci yang paling utama dalam membuatnya cepat gacor. Karenanya, ketika mandi, usahakan keramba yang Anda pakai dalam kondisi bersih dengan lingkungan yang nyaman. Selain itu, tempat penjemuran Kacer juga harus tenang sehingga Kacer menjadi lebih nyaman. Karenanya, hindari menjemur Kacer di keramaian atau tempat-tempat lain yang membuat kacer merasa tidak tenang.

Berikan lingkungan dan kamar yang nyaman
Bukan hanya tempat mandi dan jemur yang dituntut nyaman, lingkungan keseharian burung Kacer pun dituntut tenang dan nyaman. Karenanya, tempatkan Kacer d tempat yang tenang dan nyaman. Kalau perlu, buatkanlah kacer kamar pribadi.

Embunkan setiap pagi
Pengembunan pada Kacer yang melempem sangat penting dilakukan. Sebab pengembunan bisa merangsang burung untuk berkicau lebih rajin. Bahkan pengembunan juga bisa membuat Kacer lebih cepat mengeluarkan isiannya.

Putarkan suara air
Suara air juga sangat penting untuk selalu diperdengarkan untuk Kacer Anda. Sebab suara ini juga mampu merangsang Kacer untuk buka suara hingga paling maksimal. Karenanya, sesekali, dan kalau perlu, perdengarkan suara gemericik air ini setiap hari.




10 Tips Jitu Perawatan Kacer Agar Cepat Gacor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment