Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 18, 2016

3 Cara Mengatasi Cendet Tidak Kunjung Panas di Gantangan


Tipsburung.com - Pernahkah Anda mempunyai cendet yang tidak mau berbunyi di lapangan? Cendet seperti ini biasanya tidak langsung berbunyi di lapangan namun ketika penilaian sudah berjalan separuh atau bahkan mau selesai, cendet baru mau bunyi. Bahkan dalam beberapa kasus, cendet seperti ini juga akan susah bongkar isian karena burung mengalami berbagai gangguan.

Burung seperti ini kadang kala bukan karena kurang fighter namun kerap kali disebabkan karena sering mendapatkan perawatan yang kurang bagus, mulai dari asupan EF, hingga mandi dan jemur yang kurang. Bahkan burung yang mengalami stres cukup lama, juga bias membuat cendet kehilangan napsu untuk bertempur. Karenanya, jika Anda mempunyai cendet seperti ini, setidaknya Anda bisa melakukan beberapa hal berikut.

Mandi dan jemur secara konsisten
Mandi dan jemur pada cendet adalah kebutuhan yang sangat vital, karenanya, keduanya harus dipenuhi dengan sangat baik. Untuk mandi, Anda bisa menyetingnya dengan tidak terlalu sering namun pastikan sekali mandi burung langsung puas. Sedangkan untuk jemur, sebaiknya dilakukan setiap hari dan bahkan jika perlu tambah durasinya. Semua hal di atas dilakukan supaya fighter cendet kembali naik pada titik maksimal.

Full EF selama persiapan lomba
Saat Anda mengondisikan cendet untuk lomba, Anda bisa mencoba memberinya hanya ekstra foding saja, berupa jangkrik, kroto, atau ulat. Cabut voer dan berikan EF tersebut saat pagi, siang, sore, dan malam. Hal ini bertujua supaya cendet benar-benar birahi dan fighter sehingga langsung mau berbunyi ketika digantang. Namun pastikan, saat Anda memberikan setelan seperti ini, cendet tidak mengalami over birahi yang ekstrem seperti nyabut bulu atau mencabut ekorya.

Mandi sebelum turun lomba
Untuk mandi sebelum turun lomba, Anda bisa melihat-lihat kondisi burung. Jika burung tidak bisa diam karena emosi atau birahi, sebaiknya Anda memberikan semprotan halus. Namun hal ini harus dilakukan jauh sebelum sesi cendet karena dikhawatirkan cendet tidak selesai didis. Tetapi jika misalnya kondisi cendet normal, Anda tidak perlu memandikannya. Lakukan penyemprotan pada pangkringan saja saat hendak digantang namun pastikan bulu cendet tidak terkena sebab dikhawatirkan didis di lapangan.



3 Cara Mengatasi Cendet Tidak Kunjung Panas di Gantangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment