Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, April 15, 2016

3 Kelebihan Cendet Peles yang Harus Anda Ketahui


Tipsburung.com - Umumnya, saat seorang penghobi burung mencari atau hunting cendet, pertama-tama yang mereka perhatikan adalah warna kepala. Kepala dengan warna ful hitam atau yang dikenal dengan sebutan blangkon, merupakan cendet yang paling banyak diburu. Karenanya, harganya pun sangat melambung, bahkan bisa dua kali lipat dari harga cendet peles.

Secara tampilan fisik, cendet blangkon memang sangat indah dan lebih seram. Hal ini mengindikasikan bahwa fighternya sangat bagus sehingga sangat mungkin untuk bisa masuk dalam setiap kontes burung berkicau. Namun kadangkala, tampilan fisik ini tidak mencerminkan daya tarung cendet tersebut. Sebab beberapa cendet seperti ada juga yang mempunyai mental kurang bagus.

Berbeda dengan cendet peles atau kepala bulan sabit, umumnya sangat jarang peminatnya. Bahkan jika misalnya mencoba ditawarkan di media-media sosial atau forum jual beli burung online, tidk banyak yang memberikan respon. Hal ini memang masuk akal, selain warna kepalanya yang memang mirip cedet betina, juga tidak menunjukkan fighter sama sekali.

Namun tahukah Anda, banyak dari cendet peles ini ternyata lebih bagus dari cendet blangkon? Untuk cendet peles sehabis ganti bulu, memang tidak langsung bisa gacor sebagaimana cendet kepala hitam. Cendet cenderung masih mbayi dan jarang berbunyi karena fighternya belum terbentuk. Karenanya, jika dijejer atau ditrek dengan cender kepala hitam sekalipun seusia, cendet peles biasanya akan kalah. Bahkan cendet peles ini bisa saja tidak memberikan perlawanan sedikitpun karena memang tidak fighter.

Lebih fighter
Setelah ngurak atau mabung pertama, cendet peles ini akan menunjukkan perilaku yang sama sekali berbeda dengan waktu sebelum ngurak. Biasanya, jika benar cendet peles tersebut berjenis kelami jantan, biasanya fighternya akan muncul dengan sangat baik. Burung akan tampak sudah menunjukkan perilaku siap untuk ditrek atau bahkan dilombakan.

Durasi kerja lebih yahud
Kelebihan lainnya, burung cendet kepala peles ini biasanya akan mempunyai durasi kerja yang maksimal di arena lomba. Bahkan ini tidak akan kalah dengan cendet kepala hitam yang biasanya sudah teruji sejak habis ganti bulu dewasa.

Lebih tahan banting
Jika harus diturunkan beberapa sesi dala satu even, tenaga cendet peles ini sangat bisa dikompromi. Karenanya, cendet ini tidak akan akan kedodoran meskipun ditempurkan beberapa kali dalam satu hari. Hal ini disebabkan karena cendet peles ini mempunyai tenaga dan daya tempur yang lebih baik dari cendet lainnya.





3 Kelebihan Cendet Peles yang Harus Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment