Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, April 13, 2016

4 Cara Mengatasi Cendet Susah Mabung

Tipsburung.com - Cendet adalah salah satu burung yang kadang kala susah mabung padahal jika dilihat dari segi usia dan warna bulu sudah seharusnya burung mengalami mabung. Namun begitu, meski bulu sudah nyerit, kadang kala burung tetap susah mengalami mabung. Kondisi ini tentu memberikan dampak yang kurang baik pada penampilannya di lapangan di mana burung biasanya kurang bisa tampil maksimal.

Burung yang susah mabung seperti ini biasanya banyak disebabkan oleh banyak hal. Karenanya, sudah untuk dijelaskan dan yang paling mengerti biasanya sang empunya. Untuk itu, Anda harus jeli dalam merawat burung Anda biar bisa dengan mudah memberikan solusi atasd segala hal yang mungkin menimpa burung Anda, salah satunya adalah masalah susah mabung ini.

Untuk mengatsi burung cendet yang susah mabung ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagaimana berikut.

Mandi sauna
Mandi sauna secara rutin akan sangat membantu membuka pori-pori burung sehingga burung akan lebih cepat rontok bulu. Penjemuran bisa dilakukan pada saat siang hari di mana sinar matahari benar-benar terik.

Karantina
Cara kedua adalah burung bisa dikarantina. Ungisikan burung yang susah mabung tersebut dari burung lain, apalagi burung sejenis. Hal ini bertujuan supaya burung merasa lebih tenang sehingga kondisi birahinya lebih stabil. Kondisi inilah yang diharapkan burung mengalami rontok bulu karena burung benar-benar merasa sangat tenang.

Rubah setelah EF
Jika pada hari biasa Anda memberikan jangkrik 3/3 pagi dan sore, sebaiknya turunkan jadi 1/1 pagi sore. Bahkan kalau perlu, stop pemberian jangkrik. Jika dalam beberapa mingggu hal ini tidak membuahkan hasil, Anda bisa memberikan EF dengan metode lain. Caranya, berikan EF dengan porsi yang sangat banyak, namun untuk dua hari ke depan tidak usah diberikan EF lagi. Tiga hari berikutnya, berikan EF takaran yang juga banyak. Kondisi ini kadang membuat burung menjadi drop sehingga lebih cepat rontok bulu.

Adu sesering mungkin
Jika bebera metod di atas belum juga membuahkan hasil, adulah setiap minggu, kalau perlu bawa ke gantangan setiap hari. Hal ini bertujuan supaya burung cendet mengalami drop yang memungkinkan bulu lebih cepat rontok.

Keempat metode di ats dapat Anda lakukan satu persatu untuk endapatkan hasil maksimal. Dan sebenarnya, metode ini tidak hanya cocok untuk burung Cendet saja namun bisa diterapkan untuk semua jenis burung seperi Murai Batu, Kacer, dan lain sebagainya. Untuk itu, metode ini adalah metode umum yang boleh diterapkan pada semua jenis burung.

4 Cara Mengatasi Cendet Susah Mabung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment