Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, April 9, 2016

8 Alasan Mengapa Cendet Anda Harus Mandi Sampai Puas


Tipsburung.com - Memandikan burung ada dua cara, memandikan dengan caa menggunakan keramba dan sprayer. Keramba hanya digunakan untuk burung-burung tertentu yang sangat akrab dengan air dan umumnya mempunyai kebiasaan mandi sendiri seperti Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo, Anis Merah, Kenari, dan lain sebagainya. Sedangkan sprayer umumnya digunakan untuk burung-burung yang tidak mempunyai kebiasaan mandi sendiri seperti Cendet.

Cendet adalah burung yang pada umumnya tidak suka dengan air dan karenanya banyak kicaumania yang memandikannya dengan cara disemprot menggunakan sprayer. Metode mandi seperti ini tentu saja hasilnya akan berbeda dengan mandi menggunakan keramba jika tidak dilakukan dengan baik. Pada burung-burung yang mandi dengan menggunakan keramba, mereka biasanya akan bebas mandi bahkan sampai puas.

Untuk burung Cendet yang menggunakan sprayer, mereka umumnya jarang sampai puas. Pasalnya, sang empunya kadang kala tidak mengerti cara memandikan burung menggunakan sprayer dengan baik. Mereka memandikan Cendet hanya yang penting basah dan lepek saja. Setelah basah langsung dihentikan dan dibiarkan didis sendiri.

Metode memandikan Cendet dengan sprayer ala di atas tentu saja tidak dibenarkan. Sebab, burung Cendet juga butuh mandi yang puas. Karenanya, mandikan Cendet sampai puas. Caranya, semprot burung terlebih dahulu lalu biarkan dia didis. Setelah didis, burung disemprot kembali dengan setelan embun hingga burung tampak menikmatinya yang biasanya ditunjukkan dengan perilaku mengibas-ngibaskan sayap san ekornya.

Perilaku seperti itu umumnya akan terus dilakukan oleh burung Cendet sampai dia merasa puas. Umumnya, memandikanCendet sampai puas seperti ini membutuhkan waktu lama (biasanya kurang lebih 30 menit) dan menghabiskan air berliter-liter.

Adapun tanda bahwa Cendet sudah puas, biasanya ditunjukkan dengan perilaku di mana burung sering menghindar dari semburan air sprayer. Selain itu, sayap Cendet biasanya juga akan turun dan menggelantung, pertanda merasa kedinginan. Jika ini terjadi, semprotan boleh dihentikan. Selanjutnya, burung dicantolkan dan diangin-anginkan untuk selanjutnya dijemur di bawah paparan sinar matahari.

Mandi dengan cara seperti ini sangat tidak dianjurkan pada malam hari sebab dikhawatirkan kedinginan. Namun sepanjang cuaca normal, tentu saja tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan sebab burung umumnya mempunyai naluri tersendiri untuk melindungi dirinya dari dingin.

Lalu apa manfaat cendet mandi sampai puas? Setidaknya, ada 8 alasan yang akan Anda peroleh jika cendet Anda mandi sampai benar-benar puas sebagaimana berikut.

Lebih fresh
Ini bisa Anda andaikan pada diri Anda sendiri. Ketika Anda mandi dengan cara tidak terburu-buru dan dengan air yang banyak, tentu Anda akan merasa lebih puas. Selain itu, pikiran pun akan lebih tenang sehingga lebih fresh. Hal inilah yang juga dialami oleh cendet yang Anda mandikan sampai puas.

Lebih rajin berkicau
Karena pikiran fresh, burung cendet akhirnya juga mempunyai naluri yang kuat untuk berkicau. Bahkan burung ini juga akan mempunyai birahi yang pas sehingga akan lebih rajin berbunyi. Hal ini berbeda halnya dengan cedet yang dimandikan dengan cara yang asal-asalan atau malah tidak dimandikan, tentu frekuensi bunyinya tidak akan sekuat cendet yang dimandikan sampai puas.

Lebih jinak
Sudah bukan rahasia lagi bahwa mandi, apalagi mandi sampai puas, bisa menurunkan emosi sehingga cendet akan lebih bersahabat dengan Anda. Karenanya, jika Anda mempunyai burung cendet yang agak giras, sangat disarankan untuk dimandikan sampai puas.

Mengurangi salto
Mandi sampai puas juga bisa mengurangi salto sebab, sebagaimana telah disebutkan di atas, mandi dapat mengurangi emosi cendet. Bahkan mandi sampai puas juga akan mengurangi stres yang biasanya menjadi penyebab paling sering cendet salto. Selain itu, burung juga akan lebih bersahabat dengan lingkungan sehingga salto benar-benar dapat diminimalisir.

Birahi lebih stabil
Bukan hanya emosi, birahi juga akan berada di titik paling bagus jika cendet Anda mandi dengan puas. Karenanya, untuk burung-burung yang over birahi, mandi sampai puas sangat disarankan untuk dilakkan. Selain itu, mandi sampai puas juga akan membuat birahi cendet Anda yang kendor menjadi meningkat sehingga berada pada titik yang seharusnya.

Daya dan durasi kerja lebih maksimal
Jika cendet Anda adalah cendet lapangan, mandi sampai puas menjadi sebuah keharusan. Sebab, mandi seperti ini akan membantu memaksimalkan kerja cendet di lapangan sehingga bisa lebih ngedur. Hal ini merupakan efek lain dari kondisi birahi burung yang sangat stabil.

Materi dibawakan penuh
Birahi cendet yang maksimal juga dapat membuat burung membawakan materi full sehingga akan nyembur dan tidak akan pernah ngetem. Hal ini tentu saja akan berbanding terbalik dengan cendet-cendet yang hidup dengan cara mandi tidak puas, di mana biasanya akan selalu membawakan materi tidak penuh.

Gaya lebih nancep
Kombinasi dari semua di atas, akan membuat cendet tampil memesona yang biasanya akan ditunjukkan dengan gaya tarungnya yang nancep. Dan gaya seperti ini masih menjadi poin utama dalam penilaian kontes burung berkicau. Sebab pada faktanya, burung nancep akan selalu mendapatkan bendera koncer lebih tinggi daripada burung lainnya yang munting dan polah tidak karuan.


8 Alasan Mengapa Cendet Anda Harus Mandi Sampai Puas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment