Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 11, 2016

9 Cara Mudah Mengatasi Kacer Over Birahi


Tipsburung.com - Kacer adalah burung fighter sejati yang mempunyai kemampuan gaya tarung yang sangat menawan. Ekornya yang mekar seperti kipas dan ditambah dengan kondisi sayap yang juga mekar dengan gaya kepala mendongak ke belakang, membuat penampilan burung ini sangat memesona. Tak heran burung ini banyak sekali penggemarnya, baik sebagai burung klangenan maupun sebagai burung kopntes.

Namun begitu, ada satu hal yang kadang sulit diatasi dari kondisi burung ini, ialah ketika ia over birahi. Seperti halnya Lover Bird, kacer yang over birahi kadang kala juga sangat sulit dikendalikan. Meskipun kasus nyabut bulu ala Love Bird jarang ditemukan, namun mbedesi ketika tarung sangat mungkin terjadi. Bahkan burung ini juga berpotensi mengejar orang yang lewat di sekitarnya.

Dari itu dapat dijelaskan bahwa kondisi over birahi pada kacer kadang kala membuat Anda merasa pusing tujuh keliling karena susah disembuhkan dengan cepat. Namun dengan beberapa cara seperti berikut, kemungkinan besar penyembuhan over birahi kacer Anda bisa dilakukan lebih cepat. Karenanya, cermati beberapa cara berikut.

Tambah frekuensi mandi
Jika pada hari biasanya Anda memandikan kacer Anda setiap dua hari sekali, saat Kacer over birahi harus dimandikan lebih sering. Anda bisa memandikan setiap hari atau bahkan bisa dua kali sehari. Hal ini bertujuan supaya kondisi birahi kacer bisa stabil lebih cepat.

Kurangi durasi jemur
Penjemuran adalah hal yang sagat dibutuhkan oleh kesehatan burung sebab burung akan semakin sehat. Namun ketika over birahi, durasi penjemuran Kacer sebaiknya dikurangi. Bahkan jika perlu, frekuensinya pun juga harus dikurangi. Hal ini bertujuan supaya prses penurunan birahi yang Anda lakukan lebih efektif.

Embunkan dengan rutin
Saat Kacer over birahi, pengembunan sangat perlu untuk dilakukan sebab ini membantu menyetabilkan birahi. Karenanya, saat pagi menjelang subuh, sebaiknya Kacer yang over birahi dikeluarkan dan ditaruh di pejemuran untuk diembunkan. Usahakan tempat pengembunan ini tidak ada atap atau di bawah langit langsung.

Stop meberian kroto
Pada masa birahi ini, pemberian kroto sebaiknya dihentikan. Sebab sebagaimana diketahui bahwa kroto sumber protein yang sangat tinggi sehingga mudah menaikkan birahi kacer. Jika dalam masa over birahi ini Anda masih memberikan kroto, kemungkinan besar kacer akan semakin sulit untuk disembuhkan. Karenanya, untuk sementara waktu, mau tidak mau anda harus menghentikan pemberian kroto.

Pangkas menu jangkrik
Peberian jumlah jangkrik juga sangat baik jika Anda kurangi. Sebab jangkrik juga kaya protein yang berpotensi meningkatkan birahi kacer dengan cepat. Untuk itu, kurangi jumlah jangkrik secara perlahan dan bertahap dari jumlah pemberian rutin sehari-harinya. Bahkan jika kacer tidak kunjung sembuh, pemberian jangkrik ini bisa distop sama sekali.

Berikan cacing
Cacing dapat menurunkan birahi kacer. Karenanya, Anda bisa memberikan cacing setidaknya dua kali seminggu.

Berikan ulat bambu
Sebagaimana cacing, ulat bambu juga dapat menurunkan birahi burung karena sifatnya yang dingin. Untuk itu, Anda juga bisa mencoba memberikannya sekali dalam seminggu. Pemberian ulat bambu ini memang tidak disarankan diberikan berlebihan karena berpotensi menyebabkan konstipasi pada burung.

Ganti voer berprotein rendah
Anda juga bisa mengganti voer kacer Anda dengan voer lain dengan kandungan protein yang rendah. Carilah voer dengan kadungan 14% atau sedikit di atasnya. Sebab vor tinggi protein memang kadang kala sangat berpengaruh terhadap kondisi birahi burung.

Pengumbaran
Pengumbaran juga bisa dilakukan bisa juga tidak. Sebab kadang kala pengumbaran dapat meningkatkan birahi kacer. Namun umumnya, pengumbaran berfungsi menyetabilkan birahi.




9 Cara Mudah Mengatasi Kacer Over Birahi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment