Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 11, 2016

9 Manfaat Kacer Mandi Pasir


Tipsburung.com - Tenyata, Kacer tidak hanya suka mandi air sampai puas sehingga harus mandi dalam keramba. Burung berwarna hitam putih ini, juga sangat suka mandi pasir. Namun begitu, Kacermania tidak banyak yang memberikan mandi seperti ini pada Kacernya sekalipun terdapat banyak manfaat yang akan didapatkan. Hal ini disamping kurang umum –karena hanya dipandang sebagai terapi−, mandi pasir pada Kacer juga agak merepotkan dan tidak semua Kacer juga mau mandi pasir.

Mandi pasir pada Kacer ini sangat penting dilakukan, utamanya pada Kacer-Kacer yang mengalami beberapa gangguan kesehatan. Sebab butiran pasir dan batu bata atau pasir laut mempunyai khasita yang luar biasa, apalagi jik sampai dimakan oleh Kacer. Kalsium, mineral, dan beberapa gizi lainnya dengan sangat mudah bias didapatkan dari pasir tersebut.

Untuk itu, setidaknya ada 9 alasan mengapa mandi pasir pada Kacer sangat penting dilakukan.

1. Melancarkan pencernaan
Mandi pasir, apalagi sampai memakan beberapa butor dari pasir atau campurannya, dapat meningkatkan sistem pencernaan burung. Karena meningkat maka secara otomatis system pencernaan burung menjadi lebih sehat. Kondisi ini akan membuat semua sistem dalam tubuh burung juga lebih sehat sehingga burung akan lebih rajin berbunyi.

2. Merapikan bulu
Mandi pasir pada burung Kacer juga dapat merapi dan meluruskan bulu. Hal ini akan dengan mudah bias terlihat setelah burung selesai mandi. Bulu akan terlihat lebih tertata dan mengkilap sebab bulu burung juga mendapatkan nutrisi penting dari pasir yang digunakan mandi.

3. Mencegah dan menghilangkan kutu
Burung kera kali mengalami serangan kutu dan karenanya sangat disarankan untuk dimandikan dengan daun sirih, paling tidak seminggu sekali. Selain itu, memandikan Kacer dengan pasir, selain menghilangkan kutu, juga bisa mencegah terjadinya kutuan. Karenanya, untuk mencegah dan mengobati kutuan, Kacer harus dimandikan pasir secara rutin.

4. Menyehatkan burung
Tidak hanya mandi denga air yang membuat burung lebih fresh, mandi denga pasir pun bisa membuat burung lebih rileks dan lebih sehat. Hal ini disebabkan karena Kacer yang mandi pasir biasanya akan lebih puas sehingga bisa membuat burung leih nyaman dan tenang. Akibatnya, Kacer jauh dari stress sehingga menjadi lebih sehat.

5. Menyembuhkan Kacer sakit
Kadang kala, berbagai obat diberikan dan berbagai terapi pun diterapkan, namun burung tetap loyo dan mogok makan. Sebab kadang kala burung sakit karena sistem pencernaannya yang tidak berfungsi dengan baik. Karenanya, cobalah untuk memberikan terapi mandi pasir ini di pagi hari. Barang kali Kacer Anda mau mandi pasir, syukur-syukur jika sampai mau makan pasirnya. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa membuat Kacer menjadi sembuh dalam jangka relatif singkat.

6. Meningkatkan napsu makan
Terapi mandi pasir ini juga bisa meningkatkan napsu makan burung. Sebagaimana di atas, hal ini disebabkan karna sitem pencernaan burung menjadi normal kembali sehingga napsu makan menjadi normal kembali.

7. Membantu memulihkan kondisi Kacer pasca sakit
Mandi pasir pada Kacer juga dapat membantu memulihkan kondisi Kacer pasca sakit. Dan sebagaimana diketahui, untuk memulihkan kondisi seperti ini memerlukan waktu yang agak lama. Namun jika Kacer diberikan mandi pasir, waktu pemulihan bisa lebih cepat.  Hal ini mungkin disebabkan karena adanya efek relaksasi yang ditimbulkan dari mandi pasir yang dilakukan.

8. Menghilangkan mbagong
Mbagong merupakan kondisi yang paling ditakuti oleh sebagian orang. Karenanya, jika Anda mempunyai Kacer yang suka mbagong, bisa diterapi dengan mandi pasir ini.

9. Menyembuhkan kacer lumpuh
Terapi mandi pasir juga bisa diberikan pada kacer yang mengalamai lumpuh sebab bisa membantu penyembuhan. Karenanya, lakukan mandi pasir ini dengan rutin agar proses penyembuhan lebih cepat.

Untuk semua manfaat di atas, tentu saja tidak bisa bisa diperoleh dalam waktu sekejab karena semuanya memerlukan waktu. Namun dalam beberapa kasus, manfaat di atas bisa langsung dirasakannya dalam waktu yang lebih singkat.



9 Manfaat Kacer Mandi Pasir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment