Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, April 28, 2016

Ajaib, Mandi Sauna Bisa Percepat Pleci Puka Paruh


Tipsburung.com - Ada banyak alasan mengapa burung Pleci susah ngeplong dan buka paruh, namun yang paling utama adalah karena burung tersebut masih berupa bakalan. Perawatan dan genetik memberikan kontribusi yang sangat penting dalam menentukan kualitas Pleci. Karenanya, selain memberikan perawatan yang baik, sebaiknya perhatikan dari mana asal Pleci tersebut sebab untuk melacak genetiknya, jika Pleci hasil tangkapan hutan, tentu saja akan sangat sulit.

Untuk menentukan kualitas Pleci yang bagus memang tidak hanya sekedar ngeriwik dan ngalas. Burung Pleci dituntut harus ngeplong dan buka paruh. Dan untuk membuat Pleci seperti ini, banyak pecinta Pleci menempuh jalan pintas dengan cara memberikan doping. Padahal jika mau bersabar dan telaten, proses ngeplong dan buka paruh bisa disiasati dengan cara terapi.

Salah satu terapi yang terbilang ampuh untuk membuat Pleci cepat ngeplong dan buka paruh adalah mandi sauna. Nah, mandi sauna ini ternyata tidak hanya bisa diterapkan pada burung-burung besar, khusunya Cendet, namun juga untuk burung-burung kecil, seperti Pleci.

Mandi sauna pada burung Pleci bisa memberikan rangsangan tersendiri pada burung mungil ini untuk lebih cepat ngeplong dan buka paruh. Hal ini disebabkan karena kondisi dalam kerodong yang teramat sangat dapat menciptakan suasana dan efek yang berbeda pada burung Pleci sehingga bisa cepat ngeplong dan buka paruh.

Selain itu, burung Pleci adalah burung koloni. Jika burung Pleci ini dijemur dalam posisi dikerodong, secara otomatis akan saling cari dan saling panggil dengan Pleci lainnya. Kondisi ini memungkinkan Pleci untuk cepat ngeplong dan bahkan buka paruh.

Adapun cara terbaik untuk pelaksanaan dan tata cara melakukan mandi sauna pada Pleci adalah kondisi kerodong yang dibasahi sedangkan burung tidak usah dimandikan. Setelah itu, burung bisa langsugn dijemur di bawah terik matahari.

Karena Pleci ini burung kecil, ketahanannya terhadap kondisi panas dalam kerodong tentu akan lebih rendah dari burung besar. Karenanya, mandi sauna sebaiknya diawasi dan dilakukan dengan durasi yang tidak terlalu lama. Ketika Pleci sudah mangap, sebaiknya langsung entas namun ini dilakukan secara konsisten.

Ajaib, Mandi Sauna Bisa Percepat Pleci Puka Paruh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment