Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, April 17, 2016

Anda Memandikan Burung dengan Air Hujan? Jangan Berhenti, karena Inilah Segudang Manfaatnya


Tipsburung.com - Ada sebagian orang yang sangat takut jika burungnya sampai terkena hujan karena burung peliharannya sudah rawatan lama yang secara otomatis sudah adaptasi dengan rawatan manusia. Sedangkan yang lain, kadang kalah malah senang dengan kondisi hujan karena dapat dimanfaatkan sebagai terapi untuk burung kesayangannya. Lalu manakah yang paling benar?

Semuanya benar. Burung yang sudah dirawat manusia dengan waktu yang lama hidupnya sudah mengikuti rawatn manusia sehingga ia sangat sulit untuk beradaptasi dengan alam. Karenanya, burung seperti ini kadang kala akan mati jika tidak dikerodong apalagi jika ditempatkan di luar rumah.

Untuk mandi hujan, sebenarnya tidak menjadi masalah. Sepanjang burung dimandikan hujan dengan benar, hal ini tidak akan menimbulkan masalah apapun. Hal ini disebabkan karena mandi hujan dengan teknik-teknik tertentu dapat memberikann manfaat yang sangat besar untuk burung berkicau.

Memandikan burung dengan air hujan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini harus memakai cara-cara tersendiri supaya tidak terjadi hal-hal yang kurang diinginkan. Pertama, pastikan burung yang hendak dimandikan air hujan dalam kondisi sehat dan tidak terjadi gangguan sedikitpun dengan kesehatan burung. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjdinya hal-hal yang kurang diinginkan.

Kedua, memandikan burung dengan air hujan tidak boleh dilakukan terlalu lama supaya burung tidak terlalu kedinginan. Adapun durasi yang sangat dianjurkan adalah sekitar setengah jam.  Ketiga, pastikan burung juga tidak terlalu basah namun puas mandi. Tandanya, burung mau bermain dan mandi hujan sambil didis dan mengibas-ngibaskan bulunya. dan jangan sampai terlalu basah.

Lalu apa manbfaat dari burung yang mandi air hujan? Manfaat mandi air hujan untuk burung berkicau ialah sebagai berikut.

Lebih fres
Burung yang dimandikan air hujan biasanya akan lebih fresh karena di samping mandi secara alami, ia mandi lebih puas. Hal ini pada gilirannya memberikan dampak tersendiri pada kondisi burung.

Birahi lebih stabil
Burung yang dimandikan burung hujan juga akan mempunyai level birahi yang stabil. Hal ini disebabkan karena mandi hujan mempunyai efek dingin yang memungkinkan birahi burung yang tinggi bisa ditekan serendah mungkin sampai pada titik maksimal.

Menghilangkan stres
Sudah barang tentu mandi air hujan akan membuat burung stres menjadi cepat sembuh. Hal ini disebabkan karena mandi hujan ini mempunyai efek relaksasi yang sangat dibutuhkan oleh burung-burung yang baru dari perjalanan jauh, habis lomba, sangkar terjatuh, diserang binatang buas, dan lain sebagainya.

Lebih rajin berbunyi
Burung yang dimandikan hujan juga akan lebih cepat berbunyi, apalagi burung-burung yang memang suka bermain air seperti Kacer, Anis Merah, dan Murai Batu. Hal ini disebabkan karena air hujan mempunyai efek relaksasi sehingga sangat ampuh membuat burung macet atau bahan tangkapan hutan lebih cepat berbunyi. Bahkan air hujan ini juga sangat baik diberikan pada burung-burung yang kurang rahin berbunyi karena efek relaksasi ini.

Tangkapan hutan lebih cepat jinak
Mandi hujan juga sangat penting dilakukan untuk burung-burung yang giras seperti burung tangkapan hutan. Sebab mandi hujan dapat menjinakkan burung-burung yang giras akibat stress dan sulit beradaptasi.



Anda Memandikan Burung dengan Air Hujan? Jangan Berhenti, karena Inilah Segudang Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment