Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, April 5, 2016

Cabe Jawa Maksimalkan Power Burung Berkicau, Benarkah?


Tipsburung.com - Power dalam lomba burung berkicau mempuinyai nilai yang sangat penting karena termasuk ke dalam kriteria masuk dan tidaknya dalam penentuan nominasi. Ini menunjukkan bahwa power menjadi salah satu penentu juara dan tidaknya dalam setiap even. Karenanya, di samping materi dan gaya, burung gacoan Anda harus mempunya power yang dahsyat supaya bisa masuk dalam nominasi.

Power burung yang bagus adalah yang terdengar sangat keras dan bertenaga. Selain itu, power burung juga harus merdu sehingga bisa terdengar lebih enak dan indah. Namun begitu, tidak semua burung mempunyai power seperti itu. Sekalipun mempunyai bakat alami, namun jika perawatan yang Anda berikan kurang bagus atau pernah mengalami gangguan kesehatan yang berkaitan power burung, bakat tersebut tidak akan pernah muncul.

Selain itu, ada kalanya burung memang tidak memiliki bakat alami tersebut sehingga perlu penangan yang tepat supaya powernya lebih keras dan merdu. Jika tidak, power burung Anda tetap tidak akan keras sehingga akan sangat sulit untuk bisa bersaing dengan burung lain di arena kontes.

Cabe jawa (Piper retrofractum Vahl) adalah rempah-rempah yang diyakini dari zaman nenek moyang mampu meningkatkan power burung berkicau. Pada zaman dahulu, burung-burung yang diyakini mempunyai power yang kurang, akan langsung diberikan buah cabe ini. Caranya adalah ambil Cabe Jawa yang hampir matang lalu potong kecil-kecil. Selanjutnya taruh di cepuk yang biasanya digunakan untuk naruh jangkrik.

Jika misalnya burung Anda tidak mau memakan cabe tersebut, ada baiknya Anda menggunakan cara lain. Cabe dipotong kecil-kecil lalu berikan pada jangkrik. Biarkan dimakan sampai habis lalu diamkan selama semalaman. Esok harinya, jangkrik baru bisa Anda berikan pada burung peliharaan Anda.

Cara lainnya adalah Anda bisa menumbuknya. Setelah halus, berikan air sedikit lalu aduk dan saring untuk diambil arinya. Air ini kemudian diberikan pada burung sebagai pengganti air minum. Dan untuk lebih efektifnya, air ini sebaiknya diberikan setelah burung dientas dari jemuran karena dalam kondisi itu burung benar-benar dalam kondisi haus sehigga mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk meminumnya.

Ada kemungkinan manfaat ini disebabkan karena Cabe Jawa mengandung mengandung zat pedas di mana di dalamnya meliputi beberapa hal seperti piperine, palmitic acids, tetrahydropiperic acids, chavicine, dan lain sebagainya. Zat pedas ini membuat tenggorokan lebih plong sehingga suara pun akan lebih keras dan merdu.




Cabe Jawa Maksimalkan Power Burung Berkicau, Benarkah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment