Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 18, 2016

Cara Cepat Mengatasi Anis Merah Macet Total


Tipsburung.com - Anis merah adalah burung yang mempunyai tingkat sensitivitas yang agak tinggi sehingga burung ini rawan mngalami stres sehingga burung tidak mau berbunyi lagi. Banyak hal yang menjadi alasan mengapa Anis Merah bisa menjadi stres dan macet, beberapa di antaranya adalah karena faktor sangkar yang kurang cocok atau baru saja pindah sangkar. Selain itu, Anis Merah juga bisa stres karena kaget atau sangkar yang jatuh dan ketubruk hewan buas. Bahkan setelah burung sembuh dari sakit atau sehabis mabung, Anis Merah kadang kala juga macet.

Karena Anis Merah memiliki sensitivitas yang agak tinggi ini, maka penyembuhannya pun sangat susah. Jika pada burung lain mungkin hanya membutuhkan waktu paling tidak seminggu, namun pada Anis Merah penyembuhan stres hingga gacor membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bahkan hingga berbulan-bulan, Anis Merah masih saja belum bisa terdengar bunyinya.

Untuk itu, berikut ini adalah cara yang lebih jitu dalam mengatasi Anis Merah macet yang dapat Anda terapkan pada burung Anda.

Kembalikan pada kondisi di habitatnya
Untuk membuat Anis Merah cepat berbunyi dan bebas dari tekanan stres, Anda harus bisa mengembalikannya pada kondisi seperti di alam atau habitatnya. Cobalah Anda pahami bagaimana kehidupan Anis Merah di alam sana,lalu buatlah kehidupan Anis Merah Anda yang ada dalam sangkar seperti kondisi di alam bebas.

- Putarkan suara air atau gantung dekat kamar mandi
Beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mengembalikan Anis Merah seperti di alam ialah dengan memutarkan suara air. Suara ini dapat diputar setiap hari supaya Anis Merah menjadi lebih fres dan bebas stres. Atau bahkan jika ingin yang alami, tempatkan Anis Merah tersebut di dekat kamar mandi atau malah di dalam kamar mandi, sebab suara air ini bisa mencairkan suasana psikologis burung dengan lebih cepat. Jangan lupa pula, mandikan Anis Merah dengan konsisten dengan menggunakan keramba.

- Sediakan minimal tiga buah
Buah adalah makanan kesukaan Anis Merah di alamnya, karenanya Anda harus memberikan buah minimal 3 macam seperti pisang, papaya, dan apel. Hal ini akan memberikan dampak psikologis yang sangat baik pada burung karena bisa membuat Anis Merah merasa sangat senang dan nyaman sehingga membantu mengusir rasa stres.

- Berikan kroto
Kroto juga bisa membuat Anis Merah merasa sangat nyaman hidup dalam sangkar karena pakan ini sangat enak sehingga burung akan lebih betah. Selain itu, kroto juga dapat memicu tingkat birahi burung sehingga akan lebih cepat berbunyi.

- Embunkan setiap pagi
Pengembunan juga akan mengembalikan kehidupan Anis Merah seperti ada di alam bebas. Karenanya, Anda sangat dianjurkan untuk melakukan pengembunan secara rutin supaya Anis Merah lebih cepat bebas dari tekanan stres. Keluarkanlah burung saat adzan subuh dan biarkan di jemuran sampai matahari terbit. Biarkan ia menikmati munculnya fajar dan kokok ayam atau suara burung di pagi buta menggema dari berbagai sudut penjuru alam. Ini akan memberikan efek terapi yang sangat baik untuk burung Anis Merah Anda yang sedang macet.


Anis Merah jangan didekte
Jika pada beberapa burug Anda bebas memberikan rawatan seperti apapun seperti yang Anda inginkan, namun untuk Anis Merah itu tidak boleh dilakukan. Sebab hal ini akan membuat Anis Merah merasa tidak nyaman karena cenderung tidak rileks. Untuk itu, pahami apa kemauan Anis Merah Anda. Dengen mengetahi kemauan dan keinginan Anis Merah Anda, Anis Merah akan hidup lebih tenang sehingga strespun akan hilang lebih cepat.

Buatlah burung senyaman mungkin
Dengan tidak memaksakan kehendak Anda pada Anis Merah Anda yang macet, berarti Anda sudah berupaya membuat burung senyaman mungkin berada dalam sangkar. Untuk itu, perlalukan dan berikan rawatan dengan penuh kasihs sayang sebab ini akan memberikan dampak yang sangat baik untuk psikologis burung. Selain itu, tempatkan burung Anis Merah macet di tempat yang tenang, jauh dari gangguan binatang buas seperti tikus, kucing, dan lain sebagainya.



Cara Cepat Mengatasi Anis Merah Macet Total Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment