Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, April 14, 2016

Cara Efektif Mengatasi Pleci Kegemukan

Tipsburung.com - Jangan pernah Anda remehkan jika Anda mempunyai burung Pleci yang kegemukan. Sebab, di samping tidak akan berbunyi dengan baik, Pleci kegemukan juga rawan mengalami gangguan kesehatan yang serius. Bahkan hal ini kadang kala bisa menyebabkan burung mengalami sakit yang tidak bisa ditolong dengan cara terapi dan pemberian obat apapun.

Untuk itu, menjaga berat badan burung, utamanya dalam konteks ini burung Pleci, adalah hal yang sangat penting bagi Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara pemberian pakan yang teratur dan tidak berlebihan, mandi dan jemur secara konsisten.

Lalu bagaimana untuk mengatasi Pleci yang sudah terlanjur mengalami kegemukan? Untuk mengatasi masalah ini setidaknya Anda harus melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Mandi dan jemur secara rutin
Rutinkan mandi dan jemur setiap hari sebab ini akan membantu menurunkan lemak burung Pleci Anda. Bahkan jika perlu, mulai saat ini Anda harus meningkatkan durasi penjemuran untuk membakar kalori dan lemak Pleci lebih banyak. Jika Anda pada setelan harian hanya menjemur burung sampai jam 10 pagi, mulai saat ini durasinya ditambah sampai jam 11.

Anda juga sangat disarankan untuk menamah durasi menjemur Pleci di sore hari, mulai jam 2 sore. Hal ini bertujuan agar penurunan lemak burung Pleci Anda lebih efektif.

Stop pemberian ulat
Hentikan sementara waktu pemberian Ulat Hongkong karena ulat ini tinggi karbohidrat yang memungkinkan burung Pleci Anda mengalami kegemukan. Setelah lemak Pleci Anda sudah mulai stabil, pemberian Ulat Hongkong dapat diberikan kembali namun jangan sampai berlebihan.

Ganti pisang dengan pepaya
Pemberian pisang juga dapat hentikan selama Pleci mengalami berat badan berlebih karena pisang mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi. Karenanya, gantilah pisang dengan pepaya atau kates sebab ini akan membantu Anda dalam menurunkan lemak burung pleci.

Kurangi pemberian kroto
Porsi pemberina kroto juga dapat dikurangi selama burung mengalami kegemukan sebab makanan berptotein tinggi ini juga kerap kali menjadi penyebab burung kegemukan. Hal ini disebabkan karena kroto juga kaya lemak dan karbohidrat.

Stop voer
Selama Pleci kegemukan, pemberian voer juga bisa dihentikan. Karenanya, berikan pleci menu buah saja karena ini lebih efektif dalam menurunkan lemak burung.

Taruh dalam sangkar lebih besar
Jika Anda mempunyai kandang umbaran, sebaiknya pleci diumbar setiap hari. Hal ini bertujuan untuk membuat pleci melakukan olah fisik yang memungkinkan bisa membakar lemak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan pleci. Jika Anda tidak mempunyai umbaran, sebaiknya gunakan sangkar yang lebih besar daripada sangkar harian sebagai ganti sangkar umbaran.

Cara Efektif Mengatasi Pleci Kegemukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment