Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, April 21, 2016

Cara Membuat Anis Merah Cepat Teler

Tipsburung.com - Anis Merah merupakan burung yang mempunyai gaya tarung yang sangat khas. Gaya teler adalah ciri khas yang paling utama dan nyaris tidak ada burung yang mempunyai gaya unik seperti Anis Merah ini. Karenanya, burug ini masuk ke dalam salah satu burung indemik indonesia dengan gaya tarung sangat terunik.

Namun begitu, kadang kala Anis Merah ini tidak mau teler, padahal untuk bisa masuk dan dikategorikan burung bagus, Anis Merah harus bisa teler. Bahkan kadang kala, membuat Anis Merah ini bukan pekerjaan mudah karena memang sangat sulit, apalagi Anda kurang begitu paham dalam memberikan perawatan yang bagus.

Untuk membuat Anis Merah bisa cepat teler, setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Tips ini berlaku untuk Anis Merah bakalan atau burung yang mendadak tidak mau teler setelah selesai mabung atau sakit.


Lakukan mandi pagi dan malam
Mandi saat pagi hari akan membuat burung menjadi sangat segar sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih fresh. Karenanya, mandi pada pagi hari adalah sebuah keharusan untuk membuat Anis Merah cepat teler. Selain itu, mandi malam juga sangat dinjurkan karena mandi ini juga sangat membantu membuat Anis Merah lebih cepat teler. Sebab mandi malam dapat merangsang burung untuk lebih cepat berbunyi dan teler.

Adapun waktu yang sangat direkomendasikan waktu mandi malam untuk Anis Merah adalah jam 21.00. malam. Setelah burung dimandikan pada malam hari, burung bisa langsung diangin-anginkan di tempat penjemuran atau tempat lainnya. Saat diangin-anginkan seperti ini, Anis Merah kadang kala sudah  mau teler namun ada juga yang tidak. Jika sudah teler, burung bisa langsung dikerodong dan dimasukkan ke dalam rumah untuk diistirahatkan.

Jika Anda mempunyai Anis Merah lebih dari satu, sebaiknya sehabis mandi burung tidak langsung diangin-anginkan. Lebih baik Anda mengecasnya terlebih dahulu sebab hal ini juga berfungsi untuk merangsang Anis Merah teler sehingga lebih cepat teler.

Jemur jangan terlalu lama
Menjemur burung adalah suatu kehaarusan karena setiap makhluk hidup, apalagi burung, membutuhkan sinar matahari. Dan untuk menjadi semakin bagus, penjemuran pun harus dilakukan lebih lama. Namun untuk burung Anis Merah, jika ingin cepat teler, penjemuran sebaiknya dilakukan tidak terlalu lama. Sebab penjemuran yang lama, bisa membuat Anis Merah ini menjadi lama untuk teler.

Lakukan pengembunan secara rutin
Bagi Anis Merah, pengembunan adalah wajib. Karenanya, burung ini setiap hari harus diembunkan setiap hari. Mengenai waktu pengembunan Anda bisa memilih waktu pagi namun jika tidak bisa pengembunan pada malam hari pun tidak menjadi masalah. Namun idealnya, pengembunan yang paling baik untuk membuat Anis Merah cepat teler adalah pagi hari, yang dimulai saat fajar sampai matahari terbit.

Berikan buah lebih banyak pilihan
Jika misalnya setiap hari Anda memberikan buah hanya satu macam, mulai saat ini berikan buah lebih banyak. Paling tidak buah yang wajib diberikan dalam sehari adalah 3 jenis buah, seperti apel, pepaya, dan pisang. Buah ini bisa diberikan secara bersamaan setiap hari dengan tujuan supaya Anis Merah merasa sangtat nyaman karena makannya terjamin. Namun pastikan, buah yang Anda berikan adalah buah yang segar, bukan buah yang sudah layu atau bahkan sudah tidak layak konsumsi sebab ini bisa mengganggu pecernaan burung. Untuk itu, setelah bauah layu, segera buang dan gantikan dengan buah segar.

Berikan cacing tanah atau kroto secara berkala
Untuk membuat Anis Merah cepat teler, Anda bisa menambahkan kedua jenis EF ini ke dalam menu harian burung. Kedua jenis EF ini, baik cacing maupun kroto, sangat bagus buat Anis Merah. Bahkan keduanya dapat merangsang burung untuk segera teler.

Perawatan harus terjamin
Anda juga harus membuat Anis Merah menjadi sangat nyaman. Karenanya, perhartikan lebih detail masalah sangkar, ukuran pangkringan, penempatan cepuk, penempatahn buah, dan lain semacamnya. Selain itu, Anda juga harus memnjaga kebersihan kandang dan aksesoris lainnya supaya Anis Merah menjadi sangat nyaman. Untuk itu, bersihkan kandang paling tidak setiap pagi dan ganti air minum setiap pagi dan sore sebab kadang kala air terkontaminasi oleh makanan seperti voer dan buah.

Berikan perawatan konsisten
Yang tidak kalah pentingnya lagi, burung Anis Merah harus dirawat secara konsisten. Karenanya, lakukan perawatan itu setiap hari, jangan hanya ketika Anda sempat. Sebab konsistensi ini akan menyetabilkan kesehatan fisik dan psikologi burung sehingga akan lebih cepat teler.

Berikan rangsangan
Anis Merah bisa lebih cepat teler juga karena adanya rangsangan. Karenanya, Anda bisa memberikan rangsangan ini dengan cara memperdengarkan suara Anis Merah yang sudah gacor dan teler setiap kali kesempatan. Lebih sering akan lebih baik karena latihan dan rangsangan yang Anda lakukan akan lebih berhasil.

Anda juga bisa melakukannya dengan cara mengecasnya. Mengecas di sini maksudnya ialah burung Anis Merah dipertemukan dengan burung sejenis. Namun dalam hal ini, pengecasan tidak dilakukan dengan burung Anis Merah jantan namun dengan betina. Hal ini dapat merangsang Anis Merah lebih cepat teler. Karenanya, pengecasan ini bisa Anda lakukans setiap hari sampai Anis Merah Anda benar-benar teler.

Selanjutnya, Anda sesekali bisa membawanya ke arena lomba. Ikutkan sesekali, sekalipun hanya latberan. Jika belum memungkinkan, Anda boleh menggantungnya di pinggir-pinggir gantangan dan biarkan ia mendengar suara Anis Merah lain. Bahkan jika perlu, saat sesi Anis Merah dimulai, burung sebisa mungkin harus sampai melihatnya supaya mendapatkan rangsangan lebih.

Demikian cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat Anis Merah Anda cepat teler. Cara ini dapat Anda lakukan poin per poin atau bisa secara bersamaan. Semoga bermanfaat….


Cara Membuat Anis Merah Cepat Teler Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment