Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 11, 2016

Cara Mengatasi Love Bird Kegemukan

Tipsburung.com - Sebagaimana burung pada umumnya, Love Bird atau LB pun bisa mengalami kelebihan berat badan alias obesitas. Burung yang mengalami hal seperti ini biasanya adalah burung yang mempunyai napsu makan yang sangat besar dan kurang gerak. Akibatnya lemak menumpuk dalam tubuh sehingga dada burung pun sangat muntok dan bewarna kekuningan.

Kurang aktifnya Love Bird dalam kesehariannya merupakan salah satu tanda dari gejala kegemukan. Hal ini disebabkan karena Love Bird susah untuk melakukan gerakan-gerakan yang menguras tenaga akibat timbunan lemak tersebut. Selain itu, burung juga akan malas berbunyi sehingga intensitas bunyinya menurun drastis.

Untuk memastikan kegemukan dan tidaknya, Anda bisa menangkapnya lalu cek bagian dada, perut, dan pangkal paha, dan bagian ekornya. Love Bird yang kegemukan biasanya bagian-bagian tersebut seperti membengkak dan jika diperhatikan dengan saksama dagingny akan tampak menguning karena ini adalah timbunan lemak. Namun sebenarnya, ketika Anda memegangnya, Anda akan langsung bisa merasakannya sebab Love Bird yang kegemukan akan terasa berat dan penuh di kepalan tangan.


Untuk itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Love Bird yang mengalami kegemukan ini sebagaimana berikut.

Ganti biji-bijian dengan gabah bangkok
Pertama-tama Anda bisa mengurangi porsi biji-bijian. Love Bird hanya diberikan hanya melet putih saja tanpa campuran apapun. Sebab biji-bijian lain yang biasanya dicampurkan ke dalam makanan Love Bird sebagaimana pakan kemasan yang banyak beredar di pasaran berportensi menyebabkan Love Bird kegemukan.

Berikan gabah bangkok
Anda bisa menambahkan gabah bangkok ke dalam menu harian Love Bird sebab makanan ini dapat membantu menurunkan LB kegemukan.

Berikan sayuran
Anda bisa memberikan sayuran lebih banyak. Namun sayuran dimaksuda adalah yang tidak banyak mengandung karbohidrat, apalagi gula. Sayuran berupa kangkung adalah sayuran yang sangat disarankan untuk diberikan pada Love Bird.

Berikan mentimun
Mentimun ternyata juga sangat baik jika diberikan pada Love Bird yang sedang kegemukan. Sebab sayuran ini juga bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh Love Bird.

Umbar lebih sering
Pengumbarn pada hakikatnya adalah suatu aktivitas di mana burung Love Bird sedang berolah fisik. Dan sebagaimana diketahui bahwa olah fisik sangat membantu dalam menurunkan lemah, bahkan membuat fisik semakin sehat dan langsing. Begitu juga dengan Love Bird yang diumbar, lemak akan terbakar sehingga akan lebih langsing dan sehat. Efek ini akan semakin terasa jika pengumbaran dilakukan lebih lama dan setiap hari.

Mandi dan jemur secara rutin
Mandi yang dilakukan dengan rutin juga dapat membantu menurunkan berat badan Love Bird. Bahkan jemur juga lebih besar pengaruhnya dalam membakar lemak Love Bird. Sebab sinar matahari sangat ampuh dalam melakukan pembakaran pada lemak yang ada di sekujur tubuh Love Bird. Karenanya, mandikan dan jemur Love Bird dengan rutin dan kalau perlu, tambah durasi jemur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Bahkan lebih ekstremnya lagi, Anda bisa menjemurnya sambil dikerodong dengan kerodong dalam kondisi basah.




Cara Mengatasi Love Bird Kegemukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment