Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, April 26, 2016

Cara Mengobati Pleci Mencret Secara Alami


Tipsburung.com - Sebagaimana manusia, burung Pleci juga kerap kali mengalami gangguan pencernaan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti bakteri atau kuman yang ditularkan melalui makanan atau tempat akibat kurangnya kebersihan. Pleci yang mengalami mencret seperti ini tekstur fases atau kotorannya akan encer dan berair.

Selama burung mengalami diare, burung biasanya akan tampak kurang sehat. Bahkan dalam beberapa kasus, mencret ini bisa memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan burung. Salah satu yang paling tidak diinginkan ialah di mana burung kadang kala tidak napsu makan, diam selama beberapa hari, dan kemudian mati.

Kematgian burung akibat diare mungkin kasusnya sangat sedikit. Namun jika Anda membiarkannya dalam kurun waktu yang lama, bukan tidak mungkin kesehatan Pleci Anda ini semakin hari akan semakin memburuk. Untuk itu, seharusnya Anda tidak boleh memandang remeh atas kasus mencret ini, apalagi jika misalnya Pleci Anda adalah burung lomba atau kontes.

Saat ini sudah ada beberapa jenis obat-obatan untuk burung mencret yang dijual di pasaran. Namun daripada Anda menggunakan obat-obatan pasaran yang kerap kali menggunakan bahan kimia, sebaiknya Anda membuat sendiri obat mencret Pleci di rumah. Selain lebih aman dan ekonomis, obat buatan sendiri juga mudah didapat.

Lalu apa obat untuk Pleci yang mencret ini? Teh, hanya teh saja. Teh ini sudah lama dikenal secara tradisional sebagai obat mencret pada manusia. Karenanya, pada jaman dahulu, jika ada orang yang sakit maka akan diberikan air teh. Namun teh ini adalah teh tanpa gula atau teh pahit.

Diketahui bahwa teh ini termasuk ke dalam salah satu antioksidan. Hal ini disebabkan karena teh ini mengandung polifenol yang mempunyai khasiat membersihkan bakteri penyebab diare dalam tubuh, termasuk tubuh burung Pleci. Inilah yang menyebabkan teh juga sangat penting diberikan untuk Pleci yang mencret.

Lalu bagaimana cara mengolah dan pemberiannya? Sebaiknya ambil teh yang sudah kering yang saat ini sudah banyak ditemukan di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan teh celup, karena kondisi dan manfaatnya tidak jauh berbeda dengan teh daun kering.

Selanjutnya seduh dengan air panas dan tunggu hingga air memerah dan kental. Setelah itu, daunt eh bisa diambil dengan cara disaring atau jika Anda menggunakan teh celup dientas. Selanjutnya, biarkan air teh ini sampain dingin. Setelah suhunya normal, berikan pada Pleci yang mencret sebagai ganti air minumnya. Pemberian sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah burung dijemur dan pada sore hari, air teh dapat diambil karena biasanya sudah basi. Air ini bisa diganti dengan air putih.

Pemberian air teh ini bisa diberikan sepanjang burung masih terlihat mencret. Namunn biasanya, dua sampai tiga hari biasanya sudah ada perubahan namun pemberian air teh ini terus diberikan paling tidak sampai hari ketiga.

Demikian cara mengobati Pleci yang mencret atau terkena diare. Semoga bermanfaat.

Cara Mengobati Pleci Mencret Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment