Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, April 1, 2016

Cara Merawat Piyikan atau Anakan Cendet agar Bertahan Hidup dan Cepat Tumbuh Besar


Tipsburung.com - Musim kawin cendet biasanya terjadi pada bulan Februari hingga pertengahan tahun. Pada masa itu, cendet-cendet anakan biasanya akan berlimpah ruah sehingga Pasar Burung dan forum-forum jual beli online di group-group Facebook juga sangtat ramai. Namun begitu, tidak banyak dari mereka yang bisa merawat cendet anakan ini dengan baik. Karenanya, bukan hanya pertumbuhannya yang terhambat namun juga kerapkali mati.

Merawat piyikan cendet tidak sama dengan merawat cendet dewasa. Perawatan cendet anakan membutuhkan perhatian yang ekstra, termasuk yang paling utama adalah masalah asupan. Sebab asupan mempunyai fungsi yang sangat penting bagi pertumbuhan burung piyikan.

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat anakan cendet yang baik dan benar supaya menghindari kematian dan pertumbuhannya pun sangat baik.

Pakai lampu bohlam 5 watt
Jika anakan cendet yang Anda miliki masih terlalu kecil, di mana masih masih belum ada bulunya atau bulunya belum lengkp, sangat disarankan untuk memberikan lampu bohlam ukuran 5 watt. Hal ini berfungsi selain untuk menghangatkan piyikan burung, juga untuk memberikan sentuhan lembut sebagaimana sentuhan yang diberikan indukannya. Akibatnya, piyikan bukan hanya akan menjadi lebih sehat namun juga akan mengalami pertumbuhan yang sangat baik.


Pakai kardus
Jika usia ankan masih sama seperti usia di atas, sebaiknya burung ditaruh dalam kardus. Tujuannya adalah supaya burung tidak terkena angin dan udara yang kurangh bagus dari luar. Selain itu, penghangatan menggunakan lampu supaya lebih maksimal.

Loloh menggunakan vor yang lembek
Sudah barang pasti bahwa anakan cendet harus diloloh dengan vor yang sudah dibasahi menggunakan air. Pada burung yang masih sangat kecil, takaran air mungkin bias diberikan lebih banyak supaya lebih encer sehingga lebih mudah ditelan dan dicerna. Namun semakin bertambah usianya, takaran air bisa dikurangi supaya lebih cepat makan vor kering.

Berikan kroto
Kroto untuk piyikan burung apapun, termasuk cendet, adalah hal yang sangat mutlak untuk diberikan. Sebab, kroto ini kaya akan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan burung. Karenanya, dalam setiap adonan pakan lolohan, jangan lupa untuk mengoplosnya dengan kroto. Dan yang pasti, usahakan takaran kroto diperbanyak supaya burung lebih bertenaga sebagaimana diloloh indukannya.

Berikan jangkrik
Anakan cendet juga perlu diberikan jangkrik. Namun tidak semua bagian dari jangkrik boleh diberikan pada akan cendet. Bagian perut adalah bagian penting yang boleh diberikan sebab bagian kepala sangat keras untuk ukuran percernaan cendet anakan. Karenanya, sebelum Anda memberikan pada anakan cendet, buangkalh kaki dan kepalanya. Adapun pemberiannya bisa diberikan setelah pemberian pakan lolohan.

Selama Anda merawat cendet anakan ini, pastikan pakan hidup (jangkrik, walang, dan kroto) yang banyak mengandung nutrisi dan protein harus diberikan lebih banyak supaya kesehatan dan pertumbuhan anakan cendet tetap terjaga. Sebab jika Anda hanya mengandalkan asupan vor, itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung anakan. Karenanya, EF harus diberikan lebih banyak dari vor.


Cara Merawat Piyikan atau Anakan Cendet agar Bertahan Hidup dan Cepat Tumbuh Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment