Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, April 17, 2016

Cara Mudah Melatih Kapas Tembak Makan Voer Total dalam 3 Hari

Tipsburung.com - Burung Kapas Tembak mempunyai suara yang khas dan sangat unik, karenanya burung ini banyak dipelihara. Meski popularitasnya tidak seperti burung kicauan lainnya,  kapas tembak tetap mempunyai penikmat tersendiri. Apalagi, burung ini tidak hanya sebagai burung master yang sangat baik untuk berbagai burung kicauan namun juga ada kelas tersendiri dalam setiap even burung berkicau.

Untuk burung bahan, Kapas Tembak untuk menjadi rajin berbunyi harus diajar makan vor terlebih dahulu. Sebab, vor adalah makanan utama untuk semua jenis burung pemakan serangga. Selain itu, voer juga berfungsi untuk mempermudah setingan pada Kapas Tembak sehingga lebih cepat dalam menggacorkannya.


Adapun untuk melatih Kapas Tembak makan voer, hampir sama dengan burung lainnya. Dalam hal ini, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan sebagai berikut.

•    Kroto 1 sendok makan
•    Ulat kandang 1 sendok makan
•    Voer halus seperempat cepuk
•    Susu bubuk 1 sachet

Jika di tempat Anda sudah kroto, Anda sangat disarankan untuk menggunakan ulat kandang. Begitu juga sebaliknya, jika di tempat Anda tidak ada ulat kandang, akan sangat baik jika menggunakan kroto saja sebab akan jauh lebih aman dan lebih enak bagi burung.

Setelah semua bahan siap, campur semua bahan tersebut menjadi satu lalu aduk sampai rata. Untuk takaran susu, sebaiknya tidak terlalu banyak sebab bisa membuat burung menjadi diare. Karenanya, bubuhkan susu sedikit saja karena fungsinya hanya sebagai perekat antara EF dan voer.

Selanjutnya, berikan voer tersebut pada burung Kapas Tembak Anda. Setelah Anda memberikannya, perhatikan kotorannya. Biasanya dalam dua hari, fases Kapas Tembak sudah berubah warna seperti warna voer yang Anda berikan dan ini menandakan bahwa burung Anda ini sudah makan vor.

Selanjutnya, Anda tingga memperbanyak takaran voer daripada kroto atau ulat kandang. Bahkan Anda sudah bisa menyetop pemberian susu bubuk karena Kapas Tembak sudah bisa makan voer meskipun belum maksimal.

Esok harinya, Kapas Tembak biasanya sudah voer total meskipun masih menggunakan voer lembut. Dan supaya Kapas Tembak bisa makan voer kasar, Anda bisa memasukkan satu cepuk berisi voer kasar dan taruh di samping voer lembut. Dalam beberapa hari, bisa dipastikan Kapas Tembak Anda akan memakan voer kasar sebab burung besar seperti Kapas Tembak ini memang akan agak sulit memakan voer kecil karena bentuk paruhnya yang lebih besar. Karenanya, ia akan lebih mudah dan memilih makan voer kasar daripada voer lembut.

Cara Mudah Melatih Kapas Tembak Makan Voer Total dalam 3 Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment